Pantai Sarongan

Menikmati hamparan pasir putih di Sarongan


Pantai Sarongan merupakan Pantai yang berada di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten banyuwangi, Pantai ini dapat dengan mudah kita ketemui apabila kita hendak menuju Taman Nasioan Meru Betiri, Ke Pantai Sukamade, Pantai Rajegwesi maupun ke Pantai Green Bay. Pantai Sarongan ini memiliki Pasir yang halus dan berwarna Putih. Pantai ini belum begitu populer di telinga Wisatawan, sehingga banyak wisatawan melewatkan begitu saja objek wisata pantai ini, kebanyakan wisatwan lebih memilih Pantai Rajegwesi yang tidak jauh dari Pantai Sarongan. dan meskipun demikian fasilitas yang disediakan di Lokasi pantai ini cukup lengkap.


Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak begitu panjang. seperti dijelaskan diatas bahwa pantai ini memiliki pasir yang putih, tetapi apabila anda berjalan menuju ke bagian barat dari pantai ini anda akan menemukan pantai yang terdiri dari bebatuan, dari batuan yang berukuran kecil sampai batu yang berukuran besar.

Pantai Sarongan
Pantai Sarongan
Pantai Sarongan memili ombak yang tidak begitu besar, sehingga aman bagi para wisatawan yang hendak mandi, bermain di sekitar bibir pantai maupun berjemur dipantai ini. Perpaduan Warna Hijau Tosca dan Biru memanjakan mata anda apabila anda mengalihkan mata anda menuju laut lepas. dan suara deburan ombak yang menggulung-gulung dan hembusan angin yang menerpa kulit membuat para pengunjung menikmati wisatanya di pantai ini.

Pantai Sarongan
ombak yang menggulung-gulung

Akses Lokasi



Untuk menuju Pantai Sarongan ini bisa anda tempuh dari jalur Pesanggaran-Sarongan. Dari Pesanggaran ada dua jalan yang bisa digunakan, yaitu jika dari Persimpangan Siliragung (Patung Pahlawan) mengambil jalan Ahmad Kusnan (kanan Jalan) melewati Jembatan Sumbermulyo,Jalan lurus hingga ke Simpang Tiga Penyu kemdian belok kanan mengikuti jalan yang berada di sisi kanan kanal irigasi, melewati SPBU Pesanggaran. Sedangkan jika dari Persimpangan Siliragung mengambil jalan sebelah kiri, melewati Kantor Camat Siliragung dan Polsek Siliragung, berjalan lurus hingga bertemu simpang empat, belok ke kanan arah Jembatan Kali Baru hingga bertemu Simpang Empat Pasar Pesanggaran dan mengambil arah lurus (Jalan Suprobo) hingga bertemu di jalan yang ada kanal di sisi kirinya, bergabung dengan jalur yang berasal dari Simpang Tiga Penyu. 

Pantai Sarongan
Deburan Ombak Di Pantai
Dari titik tadi mengikuti jalan (setelah ini ada satu tikungan ke kanan kemudian ke kiri) melewati Kantor Desa Sumberagung dan Simpang Tiga Pulau Merah (ambil arah lurus). Setelah itu akan tiba di Jalur Gunung Gamping (wilayah pemangkuan hutan Perhutani Banyuwangi Selatan dan Perkebunan Sungailembu. Kemudian di tengah Perkebunan Sungailembu terdapat simpang tiga. Pantai Sarongan bisa ditempuh dengan melewati dua arah tersebut, jika belok kiri maka akan melewati Desa Kandangan dan tiba di Jembatan Kayu (Batas Sarongan-Kandangan), dan jika mengambil arah lurus akan melewati Pos Perkebunan Sumberjambe, belok kiri dan tiba di gapura desa. teruskan masuk ke desa Sarongan, jalan ini akan menuntun anda sampai ke Pinggir Pantai Sarongan.

Pantai Sarongan
main air di pantai sarongan
Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, tersedia beberapa warung makan, tempat penjualan souvenir, kamar mandi dan lapangan parkir yang luas. 

Kordinat Lokasi

8°33'27.6"S 113°56'51.9"E

0 komentar :

Posting Komentar