Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah, destinasi wisata pantai andalan Banyuwangi


Banyuwangi sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berlokasi paling timur di pulau Jawa, yang berbatasan dengan pulau Bali ini memberikan destinasi wisata yang tidak kalah menjanjikan dengan Bali, Banyuwangi memang sangat kaya akan pantai, tentunya hal ini juga yang menjadikan Banyuwangi lebih dikenal di dunia. Saat ini Pantai Pantai di Banyuwangi menjadi sasaran destinasi wisata favorit bagi para wisatawan domestik maupun asing. Hal ini tidak lain dikarenakan kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan dan juga ombak yang dapat digunakan untuk kegiatan surfing. beberapa destinasi pantai yang mulai tenar di telinga wisatawan adalah pantai Boom, Pantai Green Bay. dan salah satu pantai yang kian dilirik oleh para wisatawan adalah Pantai Pulau Merah, sebuah Pantai yang berlokasi di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi.

Pulau Merah atau Pulo Merah yang sering disebut wisatawan atau penduduk sekitar adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Latar bukit yang berwarna kemerahan inilah yang menyebabkan objek wisata tersebut dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Bukit ini ditumbuhi oleh tanaman berwarna hijau sehingga menutupi warna merahnya. Pengunjung dapat menaiki bukit tersebut ketika air laut sedang surut. Terdapat juga batuan karang yang berada di sekitar bukit kecil ini. Pengunjung dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah ini bila air sedang surut. Jaraknya sangat dekat, hanya 100 meter dari bibir pantai. Cukup dengan berjalan kaki saja. Pantai ini dahulu bernama Pantai Ringin Pitu. Di sekitar pantai ini terdapat tempat ibadah umat Hindu dan di sana juga melaksanakan upacara Mekiyis.

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah sebelumnya dikenal dengan Pantai Ringin Pintu oleh masyarakat setempat. meskipun nama Pulau Merah sendiri merujuk pada bukit kecil ditengah laut (tidak jauh dari pantai) yang memiliki tanah berwarna merah. Namun pulau tersebut tidak terlihat merah karena adanya pohon yang menyelimuti nya. Selain warna merah tanah bukit kecil tersebut, pantai ini memang terlihat sangat merah ketika sore hari, dan warna kemerah-merahan tersebut disebabkan oleh pasir basah yang terkena sinar matahari yang hendak tenggelam, terutama pada saat kemarau.

Pantai Pulau Merah
Pulau Merah
Eksistensi pantai ini tak lepas dari kisah mistis dan mitos yang mengitarinya. Konon, banyak orang yang meyakini tempat ini memiliki banyak kandungan emas. Ada yang mengatakan terdapat sebuah paku bumi di dalam bukit kecil di seberang pantai tersebut. Kisah mitos lainnya adalah bahwa siapa pun yang dapat memasuki sebuah gua yang berada di Pulau Merah, akan memperoleh rezeki yang berlimpah. Ada pula kisah tentang munculnya pancaran sinar berwarna merah sehingga pantai ini menjadi seperti kemerahan dan akhirnya dinamakan Pantai Pulau Merah.

Kondisi 

Kawasan pantai Pulau Merah ditunjang dengan fasilitas memadai, di antaranya payung dan tempat berjemur yang disewakan pihak pengelola. Pantai ini juga dekat dengan Gunung Tumpang Pitu serta berada segaris dengan Pantai Plengkung. Wisatawan dapat bersantai di pantai sambil merasakan tiupan angin pantai dan menyaksikan keindahan panorama. Dengan garis pantai sepanjang 3 km, bebatuan karang di pantai ini menambah eksotisme Pulau Merah selain bukit hijau yang nampak asri.

Pantai Pulau Merah
Bibir Pantai
Di kala hari petang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset di Pantai Pulau Merah. Pesona sunset bisa dikatakan salah satu pemandangan spektakuler yang disuguhkan tempat ini. Pada saat sunset, akan nampak semburat sinar jingga kemerahan dari balik Pulau Merah yang niscaya menjadi momen yang sangat indah bagi siapa pun yang memandangnya. Bagi penggemar fotografi, jangan lupa persiapkan kamera untuk mengabadikan momen indah tersebut.


Surfing


Sebelum Pantai Pulau Merah Terkenal, Pantai Pelengkung atau yang lebih dikenal dengan “G Land” lah yang dijadikan prioritas wisata bagi masyarakat Banyuwangi. Tidak seperti Pelengkung, Pantai Pulau Merah tidak terdapat banyak batu karang, sebaliknya pantai ini memiliki pasir yang lembut yang membuat wisatawan betah untuk bermain main. Ditambah lagi, terdapat bukit kecil yang cantik setinggi 200 meter yang berada ditengah tengah laut.

Pantai Pulau Merah
Pulau Merah
Memang ombak yang dihasilkan oleh pantai Pulau Merah tidak setinggi G-Land. Akan tetapi hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang masih pemula dan tahap belajar berselancar. Dengan ketinggian rata rata ombak 2M, lebih tidak membahayakan untuk mereka yang belum professional. Namun apabila sudah professional, memang G-Land sangat direkomendasikan.



Akses Lokasi

Jarak tempuh dari Kota Banyuwangi ke lokasi Pantai Pulau Merah adalah 60 Km dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 3 jam. Kondisi jalan menuju pantai cukup baik ditambah penunjuk jalan yang sangat membantu, sehingga tak usah khawatir jika Anda datang jauh dari luar kota. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat berangkat dari Terminal Jajag Banyuwangi menggunakan bus mini menuju Terminal Pesanggaran di Kecamatan Pesanggaran. Sesampainya di Terminal Pesanggaran, Anda dapat mengggunakan ojek menuju lokasi Pantai Pulau Merah. Tetapi jika menggunakan kendaraan pribadi terdapat dua rute yang dapat Anda pilih, yaitu melalui Kecamatan Genteng dan Kecamatan Jajag. Jika Anda berangkat dari arah barat Kota Banyuwangi , maka Anda akan melewati Kecamatan Genteng dan Kecamatan Pesanggaran sebelum sampai di Pantai Pulau Merah, sedangkan jika Anda berangkat dari arah timur Kota Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, maka Anda akan melewati Kecamatan Jajag dan Kecamatan Pesanggaran sebelum sampai di Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah
Laut Lepas

Kordinat Lokasi

8°36'09.7"S 114°01'45.2"E


0 komentar :

Posting Komentar