Bunut Bolong

Bunut Bolong, Pohon Besar yang Magis



Pulau Bali pulau dewata pulau tempat perpaduan nuansa agama dan budaya yang kental. sehingga tidak salah apabila menjadikan Bali tempat wisata yang paling diminati di Indonesia. Selain karena wisata alamnya yang indah, juga karena kunikan dan keberagaman budaya yang menawan yang membuat anda penasaran dan penasaran lagi untuk datang ke Bali. Banyak objek wisata yang disuguhkan di Pulau Bali ini. apabila anda ingin merasakan wisata yang anti-mainstram dan ingin merasakan wisata yang lain daripada yang lain selaiw wisata yang menjadi tujuan utama apabila berkunjung ke Bali. ada baiknya anda dapat mengunjungi wisata Bunut Bolong. Bunut Bolong ini merupakan tempat yang sangat unik namun disakralkan oleh penduduk Bali.
Bunut Bolong merupakan sebuah pohon besar yang akarnya menyebar kemana-mana dan membentuk Gua yang indah dan menawan. Bunut Bolong hanyalah sebuah pohon beranting yang punya lubang besar pada bagian tengah dan dapat dilalui oleh 2 mobil secara bersamaan.Nama Bunut sendiri dalam bahasa lokal punya arti nama sebuah pohon berakar, sedangkan Bolong artinya berlubang. jadi secara keseluruhan, Bunut Bolong berarti pohon Bunut yang punya lubang pada bagian tengah. Lekukan yang tercipta secara alami dan terlihat begitu unik makin menambah pesona Bunut Bolong. Apalagi di kanan-kirinya terdapat hutan dengan pepohonan berdaun hijau yang cukup rindang dan rimbun. Kondisi ini pun makin menambah keangkeran kawasan tersebut.pohon ini tidak sengaja dibentuk sedemikian rupa. Pohon ini tumbuh dengan sendirinya dan dikeramatkan oleh para penduduk setempat sebagai tempat suci yang dijaga secara skala maupun niskala. Aura magisnya sangat kental, diiringi rasa takjub yang begitu mendalam. Bunut Bolong ini terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupatan Jembrana, atau bisa ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara dari Denpasar, atau sekitar 1 jam dari Pelabuhan Gilimanuk
Bunut Bolong
Bunut Bolong
Sebagaimana lazimnya lokasi wisata yang diklaim memiliki kekuatan magis, Bunut Bolong dan Pura Pujangga Sakti yang tepat berada di sebelah selatannya tidak bisa dipisahkan, belum diketahui secara pasti asal-usulnya. Namun menurut sejarahnya, Pura Pujangga Sakti sendiri dibangun oleh penduduk setempat sebagai bentuk penghormatan terhadap seorang Empu yang bernama Dang Hyang Sidhi Mantra.

Bunut Bolong
Kendaraan Melintas

Sejarah Bunut Bolong pun memiliki ceritanya tersendiri di kalangan penduduk sekitarnya. Alkisah, suatu waktu ketika Desa Manggisari mulai dirintis tepatnya sekitar tahun 1928, mendadak banyak muncul kejadian-kejadian aneh yang tak masuk akal. Penduduk yang tadinya tinggal di sebelah selatan sebuah kuburan keramat dan sebelah utara Bunut Bolong mendadak kena wabah penyakit aneh. Maka, menurut sebuah petunjuk yang berasal dari Pura Pujangga Sakti, untuk menanggulangi supaya tak banyak jatuh korban akibat penyakit tersebut, lokasi pemukiman penduduk harus dipindahkan ke sebelah selatan Bunut Bolong. Aneh bin ajaib, penduduk yang mengikuti perintah tersebut menjadi selamat dan hidupnya kembali tentram sampai kini.
Bunut Bolong
2 jalan sebelah Bunut Bolong

Keadaan Lokasi

Bunut Bolong tak hanya berdiri sendiri sebagai objek wisata, namun tepat di sebelah barat pohon unik ini terdapat hamparan hutan yang membentang dari selatan ke utara yang juga tak kalah memesonanya.disekitar Bunut Bolong dikelilingi hutan mulai dari selatan ke utara dan perkebunan cengkeh, kakao, dan kelapa. Bisa dibayangkan ‘kan kalau pemandangan hijau mendominasi kawasan ini. Dengan corak pegunungan yang begitu khas, tempat ini pun tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai lokasi wisata, Bunut Bolong merupakan objek yang terbilang masih sangat alami. Untuk menunjang berbagai kebutuhan pengunjung, maka fasilitas seperti tempat parkir, toilet umum, restoran, kios-kios souvenir, bahkan penginapan lengkap tersedia.

Kordinat Lokasi
8°23'11.1"S 114°52'25.4"E

0 komentar :

Posting Komentar