Gua Maria Immaculata tabanan

Gua Maria Immaculata Tabanan, Gua unik di tengah kota



Gua Maria Immaculata Tabanan masuk dalam Paroki Santa Maria Immaculata Tabanan yang merupakan paroki Gereja Katolik di Keuskupan Denpasar; berpusat di Desa Dajan Peken- Kecamatan Tabanan, di Kabupaten Tabanan - Bali. Sebelah utara paroki berbatasan dengan Paroki Santo Paulus, Singaraja, sebelah timur dengan Paroki Tangeb, dan sebelah barat dengan Paroki Gumbrih. Paroki Tabanan merupakan pemekaran Paroki Tritunggal Mahakudus, Tuka dan dirintis oleh Pater Seeberger, SVD pada tahun 1968. 

Gua Maria Immaculata masuk dalam satu kompleks paroki Santa Maria Immaculata Tabanan yang beralamat di Jalan. Singosari No. 3A, Banjar Mal kangin, Desa dajan peken Tabanan. 
Desain bangunan Gua Maria Immaculata yang bergaya Hindu Bali turut menciptakan suasana yang khusuk bagi setiap orang untuk berdoa. Bahkan keberadaan Gua Maria ini yang terletak di samping Gereja Paroki St. Maria Immaculata Tabanan menawarkan nuansa yang indah dan lain daripada yang lain dalam membangkitkan pengalaman yang mendalam akan kehadiran Tuhan dalam hidup rohani setiap peziarah.

Gua Maria Immaculata tabanan
Gereja Paroki Santa Maria Immaculata

Suasana Gua Maria ini memberikan kesan damai dan kesunyian meski berada di tengah pemukiman padat penduduk. berdoa dan berdevosi di pelataran Gua Maria yang sederhana dan simpel ini menjadi ciri tersendiri dari Gua Maria ini. Pelataran doa yang tidak terlalu luas dan tanpa tempat duduk bukan menjadi penghalang para peziarah yang datang kesini.

Gua Maria Immaculata tabanan
Pelataran Gua Maria

Bunda Maria yang berada di pelataran doa yang diapit oleh 2 malaikat yang ber yang diukir bergaya bali dan dipayungi oleh payung khas Bali dan kubah Gua Maria yang sederhana menjadi simbol tersendiri dari perpaduan budaya Bali.

Gua Maria Immaculata tabanan
Gua Maria Immaculata tabanan

Bagi para peziarah yang hendak ke lokasi Gua Maria ini tidak perlu khawatir akan akomodasi, karena tidak jauh dari Gua Maria ini tersedia banyak warung yang menyediakan makanan, minuman maupun lilin untuk berdevosi. bagi para peziarah yang hedak melakukan aktivitas MCK, tersedia kamar mandi yang cukup dan bersih untuk para peziarah.

Akses Lokasi

Gua Maria ini dekat dengan lokasi pemukiman warga dan dekat dengan rumah sakit umum Tabanan. kalau anda yang dari arah Denpasar, arahkan jalan anda menuju jalan raya Denpasar-Gilimanuk. setelah mendapati perempatan Patung Ir. Soekarno ambil arah ke kanan menuju jalan Ngurah Rai, kemudian sampai di pertigaan yang ada taman besar, ambil ke kiri menuju jalan Gatot Subroto sampai anda menemukan rumah sakit umum Tabanan. setelah melewati rumah sakit, ambil kanan menuju jalan Diponegoro, kemudian beberapa ratus meter ambil jalan ke kiri menuju jalan Singosari, lokasi Gua Maria terletak di kiri jalan. 

Gua Maria Immaculata tabanan
Bunda Maria Menanti mu...

sedangkan, kalau anda yang dari arah Gilimanuk, arahkan kendaraan anda melewati jalan Gilimanuk-Denpasar sampai ke daerah Tabanan ke terminal Pesiapan Tabanan yang berada di jalan Pulau batam, ambil jalan terus sampai ke jalan Pulau Seribu, Pulau Menjangan dan jalan Gajah Mada sampai ke bundaran menuju taman kota Tabanan ambil jalan menuju Jalan Gunung Semeru dan ke jalan pahlawan sampai menemui rumah sakit umum Tabanan, sebelum rumah sakit ambil ke kiri menuju jalan Diponegoro, kemudian beberapa ratus meter ambil jalan ke kiri menuju jalan Singosari, lokasi Gua Maria terletak di kiri jalan. 

Kordinat Lokasi 

8°32'11.1"S 115°07'52.6"E

0 komentar :

Posting Komentar