Patung kanak-kanak Yesus

Replika kanak-kanak Yesus dari praha ada di Indonesia


Kanak-kanak Yesus atau Bayi Yesus merujuk pada Yesus Kristus pada masa kanak-kanak, yakni kehidupan-Nya sejak kelahiran sampai usia 12 tahun. Pada usia 13 tahun, ia telah dianggap sebagai orang dewasa, seperti halnya tradisi Yahudi pada waktu itu. Kebanyakan catatan Alkitab tidak menuliskan tentang masa kanak-kanak Yesus antara kelahirannya dan peristiwa Yesus ditemukan di Bait Allah pada usia dua belas tahun. Injil Matius mencatat mengenai perjalanan ke Mesir sampai kembaqli ke Israel dan kemudian tinggal di Nazaret, Galilea. Injil Lukas mencatat mengenai pertumbuhan di Nazaret dan perjalanan ke Yerusalem pada usia 12 tahun. Ada naskah-naskah tua yang tidak diakui sebagai bagian Alkitab tetapi sempat beredar dan digolongkan sebagai apokrif, misalnya: Injil Kanak-kanak Yakobus (Infancy gospel of James), yang menceritakan bahwa Yesus kecil sudah mempunyai kuasa untuk membuat burung hidup dari tanah liat dan melakukan mukjizat-mukjizat. Kisah-kisah ini merupakan tambahan dari abad ke-3 dan selanjutnya.

Sejarah


Kebaktian kepada Kanak-kanak Yesus merupakan tradisi yang sangat tua di kalangan Gereja Katolik. Banyak orang kudus memliki devosi tersebut, misalnya St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus, St Fransiskus dari Asisi, St. Antonius dari Padua, dan St Teresa dari Avila. Sejarah patung Kanak-kanak Yesus dari Praha, berawal dari Abad XVII, ketika patung itu dibawa ke Bohemia (sekarang Republik Ceko), dan diberikan kepada para biarawan Karmelit di Praha. Sejak itulah --- setelah banyak rahmat, berkat, dan mukjizat penyembuhan, saat orang berdoa kepada Kanak-kanak Yesus--, devosi itu menjadi sangat populer.


Patung kanak-kanak Yesus
Pelataran Doa

Simbol


Bisa dikata bahwa masing-masing tempat ziarah ini mempunya patung Kanak-kanak Yesus yang khas, baik dalam pose badan maupun pakaian. Kanak Yesus dari Praha menggambar seorang kanak yang tangan kiri-Nya memegang bola dunia yang pada puncaknya terdapat salib. Hal ini menyimbolkan martabat Rajawi Yesus. Tangan kanan dinaikkan seperti sedang memberikan berkat, dengan jari telunjuk dan jari tengah diluruskan sedangkan jari manis dan jari kelingking ditekuk. Kedua jari telunjuk dan tengah menandakan kedua kodrat Yesus. Memakai pakaian Mantol kebesaran seperti layaknya seorang raja. Demikian pula, Kanak Yesus ini diberi mahkota Raja.


Patung kanak-kanak Yesus
Kanak-kanak Yesus

Tidak harus ke Praha apabila hendak berziarah dan berdevosi ke Patung Kanak-kanak Yesus, apalagi diperlukan biaya yang tidak begitu kecil harus menuju Eropa. di Indonesia ada sebuah replika patung Kanak-kanak Yesus yang khusus di datangkan dari Praha. Patung Kanak-Kanak Yesus ini terletak di Gereja Katolik Paroki Gembala Baik yang beralamatkan di jalan Ridwan No. 16 Ngaglik, Kecamatan Batu di kabupaten Malang. 


Patung kanak-kanak Yesus
Patung Kanak-kanak Yesus
Telah diulas pada halaman sebelumnya, bahwa di paroki Gembala Baik Kota Batu ini juga memiliki sebuah Gua Maria. Gua Maria yang dikenal dengan nama Gua Maria Bunda Pengantara Segala Rahmat ini masih bersebelahan dengan Patung Kanak-Kanak Yesus dan dalam satu pelataran Doa dan juga dalam satu kompleks gereja. untuk lebih jelasnya tentang Gua Maria Bunda Pengantara Segala Rahmat dapat dilihat disini.


Patung kanak-kanak Yesus
Batu Peresmian

Patung Kanak-Kanak Yesus ini diberkati pada tanggal 07 September 2014. pemberkatan Replika Patung Kanak-kanak Yesus yang didatangkan dari Praha ini dilakukan dalam ibadat Sabda yang dimulai pada puku; 09.30 WIB dipimpin oleh Bapak Uskup Malang pada saat itu Mgr. H J S Pandoyoputro O.Carm, bertempat di Gereja Gembala Baik, Paroki Batu, Keuskupan Malang. Peresmian tempat Devosi tersebut dihadiri oleh sekitar 600 undangan. Replika patung kanak-kanak Yesus, dibawa dan diserahkan oleh Rm. Anastasio Octavio Rojero OCD.
Patung kanak-kanak Yesus
Tulisan Jawa tepat di kaki 

Keadaan Lokasi

Patung Kanak-Kanak Yesus ini dimasukkan di sebuah kotak kaca besar dan di letakkan di sebuah Gua yang teduh, layaknya sebuah Gua Maria. Patung Kank-kanak Yesus ini persis terletak di samping Gereja dan diapit oleh pelataran doa Gua Maria. suasana hening dan sunyi membangkitkan ke khusyukan ke umat yang berdoa dan berdevosi. Kursi yang tertata rapi dan pelataran doa yang bersih menjadikan tempat ini menjadi nyaman. dan seluruh pelataran doa Gua Maria dan Ptung Kanak-kanak Yesus dari Praha ini sudah tertutup oleh kanopi sehingga para peziarah tidak perlu khawatir akan sengatan matahari pada siang hari maupun terkena hujan.

Kordinat Lokasi


7°52'10.8"S 112°31'02.6"E 

0 komentar :

Posting Komentar