Pantai Wedi Ireng

Pantai tersembunyi nan Eksotis di Banyuwangi


Setiap untuk mendapatkan hasil terbaik dibutuhkan perjuangan, bagi para penjelajah petualangan atau pendaki Gunung, untuk mendapatka suatu tempat atau pemandangan eksotis maupun puncak gunung dibutuhkan sebuah perjuangan yang tidak sedikit, para penjelajah dan pendaki ini akan menggunakan segala daya dan upaya untuk mendapatkan yang selama ini diimpikan bahkan sampai penasaran. begitu juga untuk Pantai Wedi Ireng ini, dibutuhkan perjuangan yang tidak sedikit. butuh ekstra tenaga dan kerelaan dari para pengunjung yang hendak ke objek lokasi ini. Seperti yang kita ketahui Pantai di seputaran Kabupaten Banyuwangi ini memiliki banyak pantai yang eksotis, dan masih jauh dari alami. bahkan untuk menuju akses lokasi dibutuhkan perjuangan ekstra, sebut saja Pantai Blue bay, Pantai Green Bay, Pantai Plengkung, Pantai Sukamade dan pantai Wedi Ireng.
Pantai Wedi Ireng
Wedi Ireng, Pancer
Secara Administrasi Pantai Wedi ireng berada di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung Pesanggaran. setelah dibahas pada paragraf pertama diatas, kenapa untuk menuju lokasi Pantai Wedi Ireng ini dibutuhkan tenaga Ekstra? dikarenakan untuk menuju Pantai ini belum tersedia akses yang memadai yang layak bagi para pengunjung. secara garis besar nya ada 3 alternatif pilihan pengunjung yaitu :
1. melalui Sewa perahu di Pantai Pesanggaran, bagi Anda yang mau cepat menuju Pantai Wedi Ireng ini bisa menggunakan jasa ‘ojek perahu’ yang banyak disediakan oleh para nelayan di Dusun Pancer. apabila anda menggunakan jasa para nelayan ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan lebih cepat dan tentunya juga lebih mudah. Untuk biaya sewa ‘ojek perahu’ ke Pantai Wedi Ireng ini, para nelayan menetapkan ongkos sebesar Rp 40.000,- untuk antar jemput, dan Rp. 25.000,- untuk satu kali perjalanan antar ataupun jemput saja. 


Pantai Wedi Ireng
Ombak di pagi hari
2. Bagi anda pencinta traking anda dapat memulai perjalanan petualangan anda dari Pantai Pancer atau pelabuhan Pancer. jarak tracking yang akan anda lalui sekitar 2 kilometer, jalan ini dapat ditempuh dalam waktu selama 1 jam. Akan tetapi medan yang harus ditempuh terbilang cukup ekstreme. Anda harus melalui berbagai macam semak belukar dan juga harus menyeberangi muara. Bila Anda berangkat di pagi hari, Anda bisa saja menyeberangi muara dengan berjalan kaki tanpa kendala apapun, akan tetapi jika sudah siang ataupun sore hari, muara tidak dapat diseberangi dengan berjalan kaki karena ombak yang cukup besar di sekitar muara ini.setelah melewati muara, anda kemudian akan melewati bukit dan memasuki hutan yang memiliki kondisi cukup curam dengan kemiringan yang ekstrem, dan selain itu anda akan melewati semak belukar yang banyak ranting-ranting pohon yang berduri. tetapi sepanjang jalan petualangn anda ini akan ditemani oleh kicauan burung yang berada di hutan ini.


Pantai Wedi Ireng
Warna hijau dan Biru
3. Dengan separuh perjalanan Tracking dan sebagian lagi dengan kendaraan bermotor. perjalanan ini dapat anda tempuh sekitar 3 Kilometer di mulai dengan pertigaan menuju Pantai mustika, ambil ke kanan dengan mengikuti petunjuk jalan, anda akan ditunutun melewati keluar masuk dusun dan rumah-rumah warga. medan yang dilalui cukup berat apabila malam sebelumnya terjadi hujan, maka jalan yang anda lalui semakin becek dan belumpur. jangan ragu tanya warga sekitar.

Keunikan Pantai

Pantai Wedi Ireng Berasal dari bahasa jawa yaitu "Wedi " yang berarti pasir, dan "Ireng" yang berarti hitam.  Warna pasir di pantai ini sekilas memang putih bersih. Namun, jika diperhatikan dengan lebih seksama dari dekat, ada campuran warna hitam yang terdapat pada pasir di pantai Wedi Ireng sehingga pantai ini dinamakan pantai Wedi Ireng. Pantai ini memiliki garis pantai berbentuk huruf "W" . dan kalau diliha di bagian timur didominasi pasir berwarna putih dan di daerah ini memiliki ombak yang besar, sedangkan di daerah bagian barat Pantai ini di dominasi oleh pasir yang berwarna hitam. dan ombak yang dihasilkan tidak begitu besar (bukan kecil ya...)

Pantai Wedi Ireng
Pasir hitam dan Putih
Untuk fasilitas yang tersedia di Pantai Wedi Ireng ini berupa Warung, Kamar Mandi, Musholla dan beberapa tenda pantai yang berada di pinggir bibir pantai. sedangkan apabila anda hendak menginap, disarankan untuk menginap di daerah Pesanggaran atau di dekat Pantai Mustika.
Pantai Wedi Ireng
Silahkan Main Air :D
Untuk menuju Lokasi Pantai Wedi Ireng ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. apabila anda hendak menggunakan kendaraan umum bisa melalui kota banyuwangi dan naik bus jurusan pesanggaran, dan di Pesanggaran anda turun di Pasar Pesanggaran dan dapat melanjutkan perjalanan dengan memakai jasa ojek pangkalan maupun ojek online dengan jurusan terakhir ke Pantai Pancer. dan dari Pantai Pancer anda dapat memulai petualangan anda melalui darat atau laut.

Pantai Wedi Ireng
deburan ombak menggulung
sedangkan kalau anda menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui jalur Kota Banyuwangi ke Rogojampi kemudian ke Srono ke Muncar sampai ke perempatan Jajag, dan anda dapat juga mengikuti jurusan pulau Merah, dari pertigaan pulau merah ada petunjuk jalan menuju Patai Mustika atau Pantai Wedi Ireng

Kordinat Lokasi

8°35'56.6"S 113°59'23.7"E


0 komentar :

Posting Komentar