Gua Maria Jatiningrum Curah Jati

Mencari kedamaian di perkebunan Jati

Banyuwangi merupakan Sebuah Kabupaten yang memiliki banyak Jenis objek wisata unggulan, Kabupaten yang paling timur di pulau jawa ini menyuguhkan banyak jenis wisata yang terkenal bagi wisatawan domestik maupun wisatawan Internasional. salah satu contoh objek wisata dari Kota yang dijuluki sebagai Golden Sun Rise of Java ini adalah Gunung Ijen, Pantai Sukamade, pantai Plengkung dll. tidak jauh di bagian selatan dari Kabupaten Banyuwangi ini terdapat sebuah perkebunan Jati yang merupakan peninggalan dari jaman Belanda. daerah ini selalu dilewati wisatawan yang hendak menuju pantai di bagian selatan Bayuwangi, terutama apabila hendak menuju Pantai Grajagan. di tempat ini juga terdapat sebuah Gua Maria yang bernama Gua Maria Jatiningrum. keberadaan Gua Maria Jatiningrum ini merupakan tempat objek wisata rohani. dan tidak jarang banyak wisatawan menyempatkan diri untuk berdoa dan berdevosi sebelum melanjutkan aktivitas selanjutnya maupun berekreasi ketempat yang lainnya.
Gua Maria Curahjati merupakan salah satu tempat ziarah umat katolik di Dusun Curahjati (45 km dari Banyuwangi), Purwoharjao, Banyuwangi, dan merupakan tempat ideal untuk meditasi sebagai sarana berdevosi dan penghormatan kepada Bunda Maria. Lokasi Gua Maria ini tidak jauh dari Pantai Wisata Grajagan Banyuwangi. Semula Gua Maria Jatiningrum dikenal dengan nama Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit. Gua Maria ini dibangun pada tahun 1954-1955 dan diberkati oleh Mgr AEJ Albers Ocarm pada tahun 1956.
Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Maria Curahjati
Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Gua Maria Curahjati
Sejarah

Awal mula Gua Maria Curahjati dibangun pada tahun 1945/1955. tetapi jauh sebelum Tahun 1955, Perkembangan Gereja di daerah ini berawal pada tahun 1925 dengan kedatangan orang-orang Katolik asal Boro, Kalibawang dan Kulonprogo. Beberapa dari mereka adalah orang-orang Katolik yang dipermandikan di Sendangsono pada tahun 1924. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 12 Januari 1928, terjadi permandian pertama di Curahjati yang dilakukan oleh Pastor Emanuel Stutient O.Carm. Gua Maria Jatiningrum merupakan salah satu buah iman dari umat Katolik di daerah ini.

Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Pintu Masuk
Pada tahun 1956 Patur Borggreve, O.Carm menetap di paroki ratu Para Rasul Curahjati, Banyuwangi. Pastur Borggreve Ocarm memiliki keinginan untuk menghormati Bunda Maria kemudian memanfaatkan tanah di dekat gereja yang dialiri sungai. Bersama umat Katolik di Curahjati, ia mengangkut bebatuan dari sungai untuk membangun Gua Maria ini. Beberapa tokoh umat, seperti keluarga Van Prehn dari Glenmore, Banyuwangi dan Bapak Karto Riyadin, membantu pembangunan Gua Maria hingga mendatangkan patung dari Yogyakarta
 
Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Gua Maria
Akhirnya Gua ini diberkati oleh Mgr AEJ Albers Ocarm pada tanggal 15 agustus 1965. Sebelum dikenal sebagai Gua Maria Curahjati, gua tersebut oleh orang sekitar dikenal dengan nama Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit. Kemudian namanya diganti menjadi Gua Maria Jatiningrum. Gua Maria Jatiningrum berada di Dusun Curahjati, Desa Grajagan, Kabupaten Banyuwangi bagian selatan. Dalam wilayah gerejani, dusun Curahjati termasuk wilayah Paroki Ratu Para Rasul Curahjati, Keuskupan Malang. Paroki ini merupakan salah satu dari tiga paroki yang ada di Kabupaten Banyuwangi (Paroki Banyuwangi dan Paroki Genteng) yang merupakan cikal bakal dari Keuskupan Malang. 

Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
tempat Air Suci

Akomodasi

Gua Maria ini telah renovasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi peziarah seperti: pendopo, sanggar, jalan salib, serta penataan lingkungan yang asri dan nyaman untuk berdoa. Tempat ini selalu ramai dikunjungi peziarah, terutama pada setiap Kamis malam Jum'at Kliwon dalam acara Misa Kudus pada pukul 24.00 tengah malam.
Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Pelataran Doa
Tempat ziarah ini ramai dikunjungi peziarah Katolik sekitar lokasi dan juga dari luar kota. Tidak jarang juga dikunjungi oleh peziarah yang bukan dari umat beragama Katolik. Lokasi gua ini sangat strategis. Dikatakan demikian, karena gua Maria berdekatan dengan tempat wisata di Banyuwangi lainnya. Lokasi wisata yang dekat dengan Gua Maria Jatiningrum antara lain: Pantai Grajagan, Pantai Plengkung, dan pusat ikan Muncar.

Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Pendopo
Akses Lokasi
Rute untuk menuju Gua Maria Curahjati tidaklah befitu sulit, dengan jalan yang cukup bagus dan pemandangan alam disekitarnya membuat perjalan menuju lokasi begitu menyenangkan,
Ada dua rute yang bisa dipakai menuju gua maria curahjati Dari Surabaya – Banyuwangi, Keluar kota Banyuwangi ke Jember setelah melewati Rogojampi belok ke kiri ke arah Purwoharjo – Pantai Grajagan, belok ke kiri ke Curahjati, lokasi Gua Maria Jatiningrum.
Dari Surabaya/Malang – Jember ke arah Banyuwangi, setelah di Genteng belok ke kanan ke arah Purwoharjo – Pantai Grajagan, belok ke kiri ke Curahjati, lokasi Gua Maria Jatiningrum. 

Gua Maria Jatiningrum Curah Jati
Stasi Jalan Salib

Kordinat Lokasi
 
8°32'52.5"S 114°13'57.9"E
 

0 komentar :

Posting Komentar