Candi Tegowangi

Candi Tegowangi, reruntuhan Kejayaan Majapahit di Kediri



Di Kabupaten Kediri memiliki dua Candi yaitu Candi Surawana dan candi tegowangi, kedua candi ini hanya merupakan reruntuhan dan tersisa hanya bagian kaki dan sebagian badan.Candi. Sama seperti Candi Surawana yang digunakan sebagai tempat pendharmaan seorang Bhre, atau raja (bangsawan) yang berkuasa di daerah kediri. Setelah halaman sebelumnya membahas tentang candi Surawana (lihat disini) pada kali ini akan dibahas tentang candi Tegowangi.

Candi Tegowangi
Candi Tegowangi
Candi Tegowangi merupakan candi yang terletak di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Menurut Kitab Pararaton, candi ini merupakan tempat Pendharmaan Bhre Matahun. Sedangkan dalam kitabNegarakertagama dijelaskan bahwa Bhre Matahun meninggal tahun 1388 M. Maka diperkirakan candi ini dibuat pada tahun 1400 M dimasa Majapahit karena pendharmaan seorang raja dilakukan 12 tahun setelah raja meninggal dengan upacara srada.

Candi Tegowangi
Candi Tegowangi

Secara umum Candi ini berdenah bujur sangkar dengan menghadap ke arah barat dengan luas 11,20 m serta dengan tinggi sekitar 4,29. Candi ini memiliki pondasi terbuat dari bata, sedangkan batur kaki dan sebagian tubuh yang tersisa terbuat dari batu andesit yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan Candi Surawana yang juga terdapat di Kediri. Bagian kaki candi berlipit dan berhias. tiap sisi kaki candi candi ditemukan tiga panil tegak yang dihiasi raksasa (gana) duduk jongkok, kedua tangan diangkat keatas seperti mendukung bangunan candi. Di atasnya terdapat tonjolan-tonjolan berukir melingkari kaki candi. diatas tonjolan terdapat terdapat sisa genta yang berhias. pada bagian tubuh cndi, di tengah-tengah pada setiap sisinya terdapat pilar polos yang menghubungkan badan dan kaki candi. pilar-pilar itu tampak belum selesai dikerjakan. disekeliling tubuh candi dihiasi relief cerita Sudamala yang berjumlah 14 panil yaitu 3 panil di sisi utara, 8 panil disisi barat dan 3 panil sisi selatan. cerita ini berisi tentang ruwatan (pensucian) Dewi Durga dalam bentuk jelek dan jahat menjadi Dewi Uma dalm bentuk baik yang dilakukan oleh Sadewa bungsu Pandawa. sedangkan pada tubuh candi terdapat Yoni dengan ceret (pancuran) bentuk naga. 

Candi Tegowangi
Relief Candi
Pada tangga candi terdapat relief yang menggambarkan pemain genderang. Pada kaki candi terdapat relief dengan motif sulur, bunga serta gana yang tersusun secara berselang seling. Pada dinding candi terdapat relief yang sangat halus pahatannya, yang menceritakan Kidung Sudamala. Relief Kidung Sudamala ini memperkuat dugaan bahwa Candi Tegawangi merupakan candi untuk pengruwatan. Selain di Candi Tegawang, cerita Sudamala juga terdapat di Candi Sukuh. 

Candi Tegowangi
Candi Tegowangi
Di halaman candi terdapat beberapa arca yaitu Parwati Ardhanari, Garuda berbadan manusia dan sisi candi di sudut tenggara. Berdasarkan arca-arca yang ditemukan dan adanya Yoni dibilik candi maka candi ini berlatar belakang agama HinduPada sudut tenggara halaman terdapat jajaran batu reruntuhan candi yang belum bisa diidentifikasi dan dibangun kembali. Selain itu juga terdapat beberapa arca termasuk arca Parwati.


Candi Tegowangi
Relief Candi
Kondisi dan akses lokasi



Kondisi dan suasana sekitar Candi Tegowangi – Candi tersebut merupakan candi yang sangat dirawat oleh pihak pengelola, sehingga candi tersebut tampak baik dan tetap megah. Sampah yang ada hanya beberapa lebar daun yang jatuh dari pohon yang ada disekitarnya. Saat memasuki halaman candi, anda akan menemukan beberapa arca berdiri tegak. Arca tersebut antara lain adalah arca Parwati, Garuda berbadan manusia, dan arca Ardhanari. Serta anda dapat menemukan juga sisa – sisa bangunan candi di sebelah tenggara dari komplek candi Tegowangi tersebut. Selain itu terdapat juga 3 panil yang digunakan sebagai tempat patung raksasa untuk duduk. Tidak hanya itu, anda juga dapat mampir dan mencicipi madu dari perkebunan lebah yang ada di samping komplek Candi Tegowangi.

Candi Tegowangi
Relief Candi
Akses jalan menuju lokasi – Untuk menuju lokasi sangatlah mudah dan cepat. Karena selain jalan yang memadai, jarak dari kota Pare pun sangat dekat.

Kordinat Lokasi

7°44'10.0"S 112°09'43.0"E


1 komentar :

Unknown mengatakan...

Mohon ijin share dan menggunakan fotonya

Posting Komentar