Air Terjun Medini

Segarnya Air Terjun Medini di tengah kebun teh

Kabupaten Semarang memiliki banyak potensi wisata, pernah dibahas sebelumnya beberpa potensi wisata di kabupaten semarang ini, dan objek wisata ini tidak jauh juga dari kaki Gunung Ungaran yang memiliki banyak aliran-aliran air terjun. jauh dari Curug Lawe dan Benowo yang berada di Gunung Pati, perjalanan ini menuju arah Gonoharjo, Kendal dekat dengan Air Terjun Gonoharjo yang pernah dibahas sebelumya disini. dan tak begitu banyak orang tahu medini itu dimana selain warga sekitar daerah Gonoharjo(penduduk di kaki Gunung Ungaran) dan para pendaki gunung. Kebun Teh Medini terletak di ketinggian 1500 mdpl yang merupakan wilayah Kabupaten Kendal. Biasanya para pendaki yang akan melakukan perjalanan pendakian ke pengunungan Ungaran akan melewati kebun teh Medini.salah satu pos terkenal sebelum menuju gunung ungaran adalah pos Promasan.
Medini di ibaratkan sebuah mutiara yang terpendam dimana banyak orang tidak mengetahuinya, karena untuk menuju ke daerah kebun teh ini dibutuhkan tenaga ekstra, karena jangan hapakan untuk menuju desa ini anda akan disuguhkan dengan jalanan aspal yang mulus dan jalanan yang rata. tetapi yang akan di hadapi oleh para wisatawan adalah jaan yang berbatu dan bahkan batuan yang besar dan menonjol di tengah jalan, medan yang dilalui juga memiliki tanjakan curam dan licin, dibutuhkan kehati-hatian  dan keahlian ekstra dari para pengendara. bagi kendaraan nya tidak dalam kondisi fit lebih baik mengurungkan niatnya dulu untuk menuju lokasi ini.


Air Terjun Medini
Jalan Medini

Kalau anda dari semarang, dan menggunakan jalur dari Ungaran Apabila dari Ungaran, bisa melewati jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkiran. Memang semua jalur ini sempit dan perlu ekstra hati-hati. Perjalanan pertama memang lebih mudah kerana jalan aspal juga sangat enak dilewati. Setelah melewati kelurahan Taman Rejo yang termasuk wilayah Kecamatan Limbangan para wisatawan akan melewati jalur menuju Medini yang berbatu dan tidak mulus. Nah, di jalur ini anda diharuskan untuk sabar dan ektra waspada dengan kondisi jalanan. Perjalanan dari ujung aspal pertama hingga Pintu masuk Kebuh Teh Medini kurang lebih 30 – 40 menit tergantung kendaraan yang digunakan. Petualang akan melewati Desa Gempol, dan beberapa desa lainnya.

Air Terjun Medini
Pemandangan Kebun Teh

Tidak begitu jauh dari pabrik pengolahan teh dan pemukiman warga ada dua air terjun di lokasi ini yaitu air terjun Lawe dan air terjun Medini, lokasi yang paling dekat dan paling mudah di akses adalah air terjun Medini. bagi wisatawan yang berkujung disini air terjun Medini tidak begitu di ketahui oleh para wisatawan, para wisatawan hanya mengetahui kebun Teh dan air terjun Lawe saja.

Air Terjun Medini
Jalan Setapak menuju air terjun


Untuk menuju  lokasi ini, kendaraan di letakkan di lokasi parkir terlebih dahulu dan kemudian berjalan kaki menyusuri jalan bebatuan yang membelah perkebunan teh, kemudian ada pertigaan yang menyusuri tali air yang bersumber dari air terjun Medini ini, kalau anda sudah menemukan tali air ini maka jalur anda sudah tepat dan tinggal menyusuri saja saluran irigasi ini saja.

Air Terjun Medini
Menyusuri saluran irigasi


Jarak untuk menuju lokasi air terjun ini tidak begitu jauh sekitar 600 meter saja,dan medan yang dilalui juga tidak begitu berat, dan sepanjang jalan anda akan disuguhi oleh pemandangan alam dari kebun teh Medini

Air Terjun Medini
Kebun Teh dimana-mana


Air Terjun medini terdiri dari sumber air, satu sumbernya memancarkan dua semburan sedangkan yang satu lagi memancarkan satu semburan saja. masing masing sumber air ini memiliki ketinggian sekitar 20 sampai 30 meter, dan debit air yang di hasilkan tegolong sedang.

Air Terjun Medini
Air terjun medini


Manjakan diri anda dengan mandi dan berendam di air terjun ini, rasakan sensasi dingin dan segarnya air terjun Medini ini, dan masih jarang air terjun ini di kunjungi oleh wisatawan.

Air Terjun Medini
Salah satu sumber air

Akses dan Akomodasi

Untuk menuju lokasi ini telah dijelaskan sebelumya, dan dibutuhkan perhatian ekstra untuk menuju Desa Medini ini, sedangkan untuk akomodasi, tersedia beberapa fasilitas baik kamar mandi, camping Ground dan beberapa warung makan. sedangkan untuk tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp.3000.

Kordinat Lokasi Air Terjun

7°09'59.0"S 110°20'19.5"E




0 komentar :

Posting Komentar