Kebun Teh Medini

Menikmati keindahan wisata kebun teh

Kebun Teh Medini berada di sisi utara Gunung Ungaran, pada ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut. secara teritori, kebun teh ini berada di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebun teh dengan luas sekitar 386,82 hektar dan sudah ada sejak tahun 1901 pada saat zaman penjajahan Belanda, yang awal mulanya di kelola oleh pemerintahan kerajaan Belanda.Pemandangannya sangat indah yang mana setiap pagi hari kita dapat menyaksikan pekerja wanita yang sedang memetik daun teh sembari menikmati kesejukan udara pegunungan. 
Kalau anda hendak mengunjungi kebun teh ini, jangan berharap menikmati jalanan mulus menuju kebun teh ini. Jalan yang di pergunakan adalah standar truck pengangkut teh, bukan mobil sandart pengangkutan yg dipakai orang. Jalur di kebun teh ini berupa jalan makadam yang berbatu bahkan berbatu besar yang terjal dan licin. Banyak pengunjung menggunakan kendaraan roda dua. Dari kota Semarang, dapat melewati jalur Pasar Jrakah – Boja melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran. Ketika memasuki wilayah Cangkiran, para petualang silakan lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Boja. Setelah melewati kelurahan Taman Rejo.

Kebun Teh Medini
Pemandangan Kebun Teh

Objek Wisata di Medini

Setelah memasuki jalan Promasan, maka kita mendapati pintu tiket masuk menuju Kebun Teh Medini, hanya dengan biaya Rp. 3.000,- sebelum memulai perjalanan memasuki kebun teh Medini. tidak jauh dari pos tiket ini, tentu saja perkebunan teh yang begitu luas. kemana mata menuju yang terlihat hamparan kebun teh, dan beberapa pekerja kebun teh memetik teh dengan menggunakan alat pemetiknya. 

Kebun Teh Medini
Kebun berlatar Gunung Ungaran

Selama berada di wisata alam hijau yang sejuk dan dingin ini, nikmatilah waktu dengan mengabadikan perjalanan anda dengan berfoto untuk mengabadikan waktu anda berkunjung bersama teman anda dengan latar belakang Kebun Teh Medini, bersantai di taman yang ada di tengah kebun teh sambil menikmati udara sekitar yang sejuk dan berbagai kegiatan wisata lainnya.

Kebun Teh Medini
Jalan menuju Promasan
Tidak begitu jauh dari pintu masuk kebun teh Medini, ada beberapa curug yang menjadi objek wisata andalan yang juga terletak di tengah-tengah perkebunan teh.  air terjun ini bernama Curug Lawe, Curug Lawe di Kebun Teh Medini ini berbeda dengan Curug Lawe yang berada di wilayah kalisidi, meski memiliki nama yang sama. Curug Lawe ini bisa di akses hanya dengan berjalan kaki saja, Curug Lawe Medini ini dengan perjalanan sekitar waktu 15-20 menit dari pintu tiket masuk. Melewati jalan setapak yang berkelok-kelok.

Kebun Teh Medini
Jalur menuju Curug Medini
Selain curug lawe, ada juga Curug Medini. memang curug ini belum begitu tenar dari aliran curug Lawe yang berada di area kebun teh Medini. kalau menuju curug Lawe memiliki jalan yang berliku dan licin, beda dengan akses menuju curug Medini, sepanjang jalan menuju lokasi ini jalan nya  reatif datar dan jaraknya tidak begitu jauh dari taman yang biasanya menjadi tempat perkemahan dan lokasi parkir.

Kebun Teh Medini
Curug Medini
Nikmatilah kesegaran air di Curug Medini ini sembari menikmati pancuran air terjun dari tiga sumber yang mengalir dari ketinggian yang berbeda-beda. 

Kebun Teh Medini
Curug Medini
Selain wisata alam, kebun teh Medini memiliki wisata sejarah. ada wisata pra sejarah yang di tandai dengan mengunjungi Candi Promasan yang sekarang hanya berupa petirtaan kuno, tetapi masih ada beberapa puing-puing yang dulunya merupakan struktur candi seperti Lingga, Arca, Ratna, dan Jaladwara.

Kebun Teh Medini
Petirtaan Promasan
Candi Promasan ini diperkiraan Candi peninggalan agama Hindu kuno dilihat dari sisa-sisa puing yang tersisa seperti Lingga dan Ratna dalam sebuah bangunan Candi. diperkirakan candi ini masih ada hubungan nya dengan candi Gedongsongo yang dibangun pada abad ke-9 pada masa Wangsa Syailendra. Tidak jauh dari petirtaan kuno tersebut, ada sebuah arca yang sebenarnya arca Nandi yang merupakan wahana (kendaraa) dewa siwa, tetapi bagi para penduduk batu ini dinamakan sebagai Watu Gajah karena ukurannya yang besar.

Kebun Teh Medini
Lingga di Promasan
Ada jaman kerajaan, ada juga jaman penjajahan. tidak beberapa jauh dari lokasi candi Promasan ini ada sebuah peninggalan dari jaman penjajahan Jepang yang berupa Goa Jepang. Pintu masuk yang tidak begitu lebar menyambut para wisatawan yang hendak memasuki Goa ini. jangan lupa membawa penerangan saat memasuki Goa Jepang ini. beda saat di mulut Goa yang sempit, tetapi di dalam Goa lorong nya termasuk lebar dan tinggi. aroma hio menemani kita menyusuri Goa yang di bagian kanan dan kiri lorong tersebut terdapat beberapa ruangan.

Kebun Teh Medini
Pintu masuk Goa Jepang
Untuk Menuju Lokasi Dusun Promasan ini memiliki jarak yang lebih jauh dari pintu masuk kebun teh, dibutuhkan perjuangan ekstra dan ketrampilan pengemudi untuk menguasai medan yang berbatu licin dan cendung menanjak, jarak tempuh menuju Promasan ini, menurut warga sekitar hanya 5 km. Medan nya menag berupa makadam tetapi selama perjalanan menuju lokasi dusun Promasan ini, kita akan disuguhkan dengan  keindahan kebun teh dan keindahan kaki Gunung Ungaran.


Kordinat Lokasi
7°09'50.3"S 110°19'57.0"E


1 komentar :

Eksapedia mengatakan...

Kangen pengen kesini lagi :D

Posting Komentar