Candi Promasan

Candi Promasan, sisa sejarah berupa petirtaan kuno

Kaki Gunung Ungaran memiliki banyak tersimpan candi-candi yang selama ini masih terkubur, tinggl puing-puing maupun candi yang sudah berhail ditemukan dan di rekonstruksi. bagi para penduduk jaman kerjaan dahulu, gunung merupakan tempat yang disucikan dan tidak heran kalau di sekitar kaki gunung ini kita menemukan banyak rruntuhan candi, puing-puing maupun candi yang masih utuh. seperti contohnya candi di sekitar Gunung Ungaran adalah, Candi Gedung Songo, Candi Asu Sengi, Candi Argosumo, Candi Promasan, dan beberapa Yoni yang terletak di sekitar Gunung Ungaran. Mungkin tak banyak yang tau tentang Candi Promasan. Candi yang berada di Desa Promasan dan terletak di tengah perkebunan teh Medini, Medannya yang sulit dengan jalan berupa makadam dan menanjak membuat semakin sulit untuk mencapai situs ini. Sepeda motor bisa melewati jalan ini tapi harus ekstra hati-hati dengan keadaan jalannya. Untuk menuju ke Candi Promasan bisa melalui jalur pendakian Gunung Ungaran yaitu jalur mawar dan jalur perkebunan teh medini.

Setelah anda memasuki pos tiket masuk ke lokasi kebun teh, jarak menuju basecamp pendakian ini memiliki jarak sekitar 5 KM, dan memikiki jalan yang berbatu, licin dan menanjak. tetapi selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam kaki gunung Ungaran yang dikelilingi perkebunan teh.

Candi Promasan
Menuju Promasan

Candi Promasan


Candi Promasan berada di Dusun Candipromasan, Desa Ngresepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Candi Promasan atau yang oleh warga sekitar dikenal dengan Sendang Pengilon berupa situs Petirtaan yang terdiri dari tiga tingkatan dengan tiga pancuran. 


Candi Promasan
Tiga Jaladwara
Candi Promasan ini merupakan sebuah situs Pethirtaan yang terdiri dari tiga tingkatan dengan tiga pancuran yang berupa lingga dan yoni di tingkatan bawah. Dari sisa-sisa bebatuan yang tinggal disini, maka disimpulkan Candi Promasan merupakan Candi yang berlatar belakang agama Hindu yaitu dibuktikan dengan adanya lingga dan yoni. Selain itu juga ditemukan struktur berupa sejenis Ratna dan beberapa Arca kecil di sekitar Candi. Candi Promasan ini masih ada hubungan erat dengan Candi Gedongsongo dan Candi lain di Gunung Ungaran, yaitu Candi Argosono yang berada di dekat Curug Benowo. Candi Promasan sampai sekarang masih dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari.

Candi Promasan
Pancuran Promasan
Masih banyak sejarah dan cerita yang belum terkuak dalam situs candi ini, karena yang tersisa hanya puing-puing seperti arca, jaladwara,ratna dan lingga. tidak ada lagi seperti bangunan candi, yang tampak hanya Ratna yang merupakan kemuncak Candi.

Candi Promasan
Sebuah Lingga
Candi Promasan
Pancuran yg kuno
Candi Promasan
Petirtaan kuno Promasan
Candi Ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 yang merupakan peninggalan dari wangsa Syailendra, dan masih sama dengan Candi Gedongsongo dalam segi tahun pembuatan karakteristik dan fungsi dari perjalanan religi umat Hindu pada jaman dahulu.
`
Candi Promasan
Prasasti yg dibuat warga

Arca Gajah

Sebenarnya, arca yang berada di dekat Candi Promasan ini merupakan arca nandi yang merupakan wahana (kendaraan) dari dewa Siwa, karena bentuknya yang besar sehingga warga sekitar menganggap arca ini sebagai batu Gajah. Kondisi arca sudah miring dan semakin tidak jelas bentuknya karena kikisan air hujan, kepala arca sudah hilang, serta bagian sebelahnya sudah tak berbentuk. Yang masih terlihat hanya satu sisi saja, posisi duduk arca nandi seperti biasa kaki ditekuk kebelakang.

Candi Promasan
Arca Gajah

Lokasi Candi

Lokasi Candi Promasan ini tidak jauh dari lokasi Goa Jepang, dimana lokasi Goa Jepang yang dibuat pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942-1945 yang diperuntukkan sebagai tempat persembunyian maupun perlindungan tentara Jepang. Sedangka lokasi Candi Promasan berada di dekat pemukiman warga dusun Promasan dan dekat dengan tanah lapang yang biasanya digunakan para pendaki untuk mendirikan tenda.

Candi Promasan
Jalan menuju Promasan

Akses Lokasi 

Jika Anda menuju ke Kebun Teh Medini dari arah Semarang. Maka Anda bisa mencoba melewati Pasar Jrakah-Boja dengan melewati Kecamatan Mijen kemudian Cangkiran. Ketika Anda memasuki kawasan Cangkiran, silahkan lurus saja hingga menuju ke Taman Rejo (jika belok ke kanan Anda akan menuju ke Kecamatan Boja). Setelah berhasil melewati Kelurahan Taman Rejo barulah Anda masuk menuju ke Medini, dimana jalanan ini tidak mulus dan berbatu. setelah masuk di pabrik dan kebun teh Medini, lanjutkan perjlanan anda menuju desa Promasan yang berjarak sekitar 5km yang berbatu dan terjal. ada banyak petunjuk menuju lokasi Dusun Promasan ini.

Kordinat Lokasi

7°10'16.4"S 110°21'08.3"E


0 komentar :

Posting Komentar