Pantai Teluk Hijau

Green Bay, Menikmati keindahan Pantai tersembunyi


Dalam halaman Blog ini sebelumnya membahas tentang pantai-pantai di Banyuwangi, memang Pantai-pantai di Banyuwangi tidak kalah indah dan eksotik dibandingkan Pantai-pantai di Bali, Lombok, Malang, dan lainnya di Indonesia ini. masih banyak pantai-pantai di banyuwangi ini belum tereksplore karena akses menuju objek lokasi tersebut belum ada, bahkan para wisatawan harus membuat jalan sendiri maupun harus mengendarai sampan para nelayan menuju lokasi tersebut. Banyak Pantai-pantai di Banyuwangi di dalam kawasan Taman Nasional sehingga dibutuhkan perjuangan yang tidak sedikit menuju Lokasi. tetapi dijamin saat sampai ke objek lokasi Pantai para pengunjung tidak akan rugi. Contohnya Pantai Plengkung, pantai Sukamade, Pantai Blue Bay dan Pantai Green Bay


Pantai Green Bay Banyuwangi atau Teluk Hijau memiliki pesona serta keindahan yang sungguh luar biasa dengan keindahan Pantai. dan sesuai dengan namanya Pantai Green Bay apabila kita melihat dari kejauhan warna hijau bukan warna biru seperti pantai biasa lainnya. warna hijau di pantai itu terjadi karena di perairan dangkalnya terdapat algae yang tumbuh dengan memantulkan sinar kehijauan dipermukaan laut.

Pantai Teluk Hijau
Warna laut yang hijau

Pantai Green Bay atau Teluk Hijau ini berlokasi di area Taman Nasional Meru Betiri di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jarak dari Pusat Kota Banyuwangi ke Pantai ini sekitar 90 Kilometer. yang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. 


Pantai Teluk Hijau
Diapit tebing

Pantai Teluk Hijau atau Greenbay ini memiliki keindahan tersendiri bila dibandingkan dengan pantai-pantai lainya. selain apabila kita melihat kejauhan warna laut yang berwarna hijau, Pantai ini dipait oleh 2 Tebing yang menjorok ke Laut (Tanjung) sehingga menjadikan namanya Teluk Hijau. selain itu di lokasi ini kita akan dapati pasir putih yang lembut serta juga air terjun setinggi 8 Meter. Air Terjun setinggi 8 meter ini biasanya digunakan para pengunjung untuk membilas badan setelah bemain air laut pantai green bay ini. 

Pantai Teluk Hijau
Dimana-mana hijau
Hamparan pantai nan putih bersih seakan memanjakan setiap mata memandang. seperti halnya kebanyakan teluk, ombak pantai green bay banyuwangi tidak besar dan sangat cocok untuk sekedar bermain air dan menikmati deburan ombak yang menggulung-gulung di bibir pantai


Akses Lokasi

Pantai yang masuk dalam kawasan Hutan Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki akses yang tidak mudah, apalagi apabila ditempuh dengan perjalanan darat. saat memasuki kawasan taman nasional kita akan menemui jalan bebatuan yang rusak. jadi, pastikan kendaran anda fit untuk menuju lokasi ini. dan disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau mobil yang double gardan. kalau memakai jalur laut dapat ditempuh dengan menyewa perahu dari pantai rajegwesi.

Pantai Teluk Hijau
Diapit 2 tebing

Dari tempat parkir menuju teluk hijau bukan berarti perjalanan anda menjadi mudah, malah dari sini dimulai perjalanan yang tidak mudah, karena Jalan menuju Teluk Ijo agak sedikit sulit, hal itu dikarenakan jalan setapak yang sedikit curam dan dipenuhi bebatuan. dari tempat anda memarkir kendaraan, anda harus berjalan kurang lebih 1 KM menuju lokasi pantai. Meskipun jalur pejalan kaki menuju pantai sedikit menantang, namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan anda tersebut.



Pantai Teluk Hijau
Bibir pantai didominasi pasir putih yang halus
Jalan yang dilalui merupakan jalan setapak yang berbatu bahkan cendrung curam, dan di samping adalah lembah, tapi jangan khawatir oleh warga sekitar telah disediakan tali sebagai pegangan untuk pengunjung. selain naik turun jalan yang berbatu dan curam, anda akan menyebrangi muara sungai dan kadang akan bertemu dengan monyet-monyet hutan, kemudian akan bertemu dengan hamparan pasir putih dan pepohonan rindang di teluk hijau.

Pantai Teluk Hijau
Ombak yang menggulung-gulung
Jarak Pantai Teluk Hijau kurang lebih 90 KM ke arah selatan kota Banyuwangi. Untuk menuju lokasi, kita bisa mengikuti petunjuk arah Pesanggrahan-Sarongan-Sukamade. Jalannya sama dengan jalan menuju pantai sukamade di taman nasional meru betiri.


Pantai Teluk Hijau
Semuanya Hijau

Jika anda berangkat dari arah kota Jember, ambil jalan menuju Banyuwangi via kecamatan pakusari,Mayang, dan silo sampai tiba di jalur Mrawan (gumitir). terus lanjut via Kalibaru, Glenmore, dan genteng sampai tiba di persimpangan genteng kulon.


Pantai Teluk Hijau
Pantai yang masih Perawan
Ikuti jalur menuju pantai Rajegwesi, dan kendaraan diparkir disana karena untuk menuju pantai teluk hijau ini anda harus berjalan kaki kurang lebih 1 KM. Alternatif lainnya untuk menuju lokasi adalah dengan menggunakan perahu. Jika anda pecinta petualangan, maka berjalan kaki bisa jadi pilihan. manikmati keindahan dan suara alam sekitar.

Kordinat Lokasi

8°33'49.4"S 113°55'26.7"E

0 komentar :

Posting Komentar