Irenggolo Waterfall

Air terjun Irenggolo, air terjun unik yang menyerupai tangga


Wisata Air terjun merupakan destinasi wisata alam yang sangat dicari-cari para wisatawan yang mencari tantangan. karena jarang ditemui sebuah Air terjun yang dengan mudah diakses oleh wisatawan apalagi kalau air terjun itu berada di pinggir jalan, sehingga tidak perlu capek untuk sampai ke tempat air terjun. meskipun biasanya jarak antara lokasi parkir dengan air terjun sangat jauh, tetap saja selalu banyak pengunjung yang penasaran dan ingin menuju air terjun yang biasanya tersembunyi dikaki gunung dan masih tertutupi oleh hutan. karena letak dari kepuasan seorang wisatawan alam yang khusunya mengeksplorasi hutan, gunung maupun air terjun adalah suatu kepuasan apabila wisatawan tersebut berhasil sampai di lokasi wisata dengan bersusah payah Tracking maupun Hiking sampai dilokasi tujuan.
Banyak orang yang mengatakan untuk mencapai suatu hasil yang baik diperlukan perjuangan, begitu juga untuk wisata alam khusunya air terjun. untuk mendapatkan, melihat atau mandi di air terjun diperlukan perjuangan ekstra, jarak yang panjang maupun medan yang berat tidak menjadi masalah.

Irenggolo Waterfall
Menaiki Tangga Irenggolo
Begitu Juga dengan Air Terjun Irenggolo (lihat perjalanan sebelumnya disini), bagi kami suatu kepuasan apabila kami dapat mengabadikan perjalanan kami ke air terjun ini kembali. meskipun jarak antara lokasi parkir menuju air terjun ini tidak begitu jauh (sekitar 200m) tetapi yang mnajdi tantangan adalah saat menuju lokasi parkir di air terjun Irenggolo ini adalah tantangan tersendiri, sebab medan yang ditempuh (kalau dari Semen menuju Irenggolo) merupakan tanjakan yang terjal dan jalan yang tidak begitu lebar, sehingga bagi anda yang hendak berkunjung ke lokasi ini diharapkan untuk mempersiapkan kendaraan yang lebih baik. dan terkadang kalau disaat hujan bebrapa tebing yang ada di pinggir jalan ikut longsor dan menutupi jalan.

Irenggolo Waterfall
Seperti tangga alami
Tetapi selama perjalanan menuju Lokasi air terjun ini, anda akan dihibur dengan pemadangan alam yang berada di kaki Gunung Willis ini, dan merasakan kesejukan alam yang menerpa kulit anda. diperlukan kehati-hatian dan kecakapan ekstra bagi pengemudi roda4 keatas, karena jalan yang sempit dan tanjakan tajam akan sering anda lewati. 

Irenggolo Waterfall
Bebatuan Licin
Air Terjun Ironggolo yang terletak di Desa Besuki Kabupaten Kediri ini memiliki ketinggian sekitar 1200mdpl, dan jarak dari kota Kediri sekitar 28Km ke arah bara daya dan bisa memakan waktu paling cepat 30 menit. Sekitar 1 jam akan sampai di kawasan Air Terjun Irenggolo.Kedua tempat wisata ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 30-45 menit melalui jalur darat, baik dari jalur Mojo maupun Semen.

Irenggolo Waterfall
Naik terus sampai puncak
Air terjun jatuh dari ketinggian 80 meter namun karena kemiringan lerengnya yang memiliki dengan bentuk trap-trap mini dan agak landai mungkin sekitar 40-45 derajat, kesannya tidak jatuh dari ketinggian 80 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti anak tangga.pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius mengajak kita untuk melepas penat sejenak di kawasan air terjun ini.

Akomodasi

Untuk tiket masuk adalah Rp 3000 per orang. Sedangkan biaya parkir adalah Rp 1000 per kendaraan untuk roda dua. ada juga Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik telah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti tempat parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang dan musholla. Bahkan disini tersedia area untuk berkemah. dan bagi anda yang hendak menginap di daerah ini ada tersedia beberapa penginapan yang bisa anda tempati, karena bebrapa ratus meter sebelum sampai lokasi air terjun ini sudah tersedia beberapa penginapan.

Irenggolo Waterfall
Foto bersama rombongan

Akses Lokasi

Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri dimana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. 

Irenggolo Waterfall
Menggila bersama
Bagi pengguna kendaraan umum, dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Kemudian, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa sewa ojek atau angkutan pedesaan.

Kordinat Lokasi

7°51'53.2"S 111°51'08.3"E

0 komentar :

Posting Komentar