Pantai Balekambang

Menikmati Tanah Lot Van Java

Pukul 13:30 Siang, sampai juga Solo Touring saya di pesisisir bagian Selatan Kabupaten Malang, Masih Banyak destinasi yang harus saya singgahi dalam Solo Touring kali ini termasuk Pantai Balekambang sebelum menyusuri pantai-pantai di kabupaten Malang yang terkenal bersih dan masih alami. Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudra indonesia yang secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang.

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai yang populer dikalangan warga Jawa Timur khusunya warga Malang sekitarnya. selain pantai yang terkenal dengan keindahan panorama alamnya dan hamparan pasir yang bersih minim dari sampah serta gelombang ombak yang memanjang.


Pantai Balekambang
Gelombang arus yang panjang
Mengapa pantai Balekambang disebut sebagai Tanah Lotnya Malang atau disebut juga Tanah Lot Van Java (Tanah Lot dipulau Jawa). disebut juga sebagai tanah Lotnya jawa,dsb. dikarenakan Pantai Balekambang memiliki konsep yang hampir sama dengan Tanah lot yang ada di Bali, dimana di kedua pantai ini (Tanah Lot dan Balekambang) memiliki sebuah Pura yang menghadap ke Samudra yang sama.

Pantai Balekambang
Pura di tengah pulau
Pantai Balekambang memiliki bentangan gelombang ombak yang panjang hampir dua Kilometer. dan memiliki lebar 200 meter kearah laut dan memiliki pasir yang bersih. terdapat 3 pulau yang terdekat dengan Pantai Balekambang ini yaitu Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. dan tepat di Pulau Ismoyo terdapat sebuah Pura yang bernama Pura Luhur Amertha Jati. beda dengan Tanah Lot yang menghubungkan ke Pura harus menunggu saat arus Surut, maka di Pantaiu ini tersedia sebuah jembatan yang menghubungkan antara pantai dan pulau ini.

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang dan Pura
Pura Luhur Amertha Jati diresmikan pada tanggal 17 Oktober 1985 atas prakarsa Bupati malang danb pura tersebut juga dianggap suci seperti halnya Pura di Bali, dan sampai saat ini Pura tersebut masih dipergunakan dan masih mengadakan kegiatan ibadah, bahkan di pulau tersebut tersedia juga tempat tinggal dari pemangku setempat.

Pantai Balekambang
Pesanggrahan Pemangku
Pantai Balekambang ini akan menjadi sangat ramai pada saat bulan Suro, karena pada Pantai ini biasanya akan digelar upacara Suronan dan upacara Jalanidha Puja. tradisi nyepi biasanya akan sangat dinantikan wisatawan dari berbagai daerah, karena di Pura ini setiap tahunnya akan menggelar ritual keagamaan.


Pantai Balekambang
Pulau kecil terdekat 

Akomodasi  

Bagi anda yang yang tertarik hendak berkunjung ke Pantai Balekambang ini, akan dikenakan tiket sebesar Rp. 10 ribu Per-orang belum termasuk dari parkir kendaraan. anda dapat membawa kendaraan anda sampai ke bibir Pantai (karena jarak antara tempat parkir ke Pura atau Pantai sangat jauh) dan tidak dikenakan biaya parkir disini.

Pantai Balekambang
Menuju Pura
Jarak yang berkisar sekitar 70Km dari Pusat kota Malang ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti warung makan, maupun restoran, toko souvenir, kamar mandi umum, tempat parkir, Camping Ground, pendopo dan tempat penginapan.


Pantai Balekambang
Pantai dilihat dari Pulau Ismoyo

Akses Lokasi  

Untuk berwisata ke Pantai Balekambang ini dapat dicapai dengan berbagai macam kendaraan mulai dengan roda dua hingga roda empat, dan bahkan juga dapat digunakan oleh bis apabila anda membawa rombongan. ada dua akses yang dapat anda pilih dan lalui, yitu akses pertama apabila anda melalui Kota Malang melewati Kepanjen, kemudian menuju Pagak, Bantur dan Akhirnya Pantai Balekambang. sedangkan untuk Akses yang kedua adalah kalau anda melewati terminal Arjosari kemudian ke Turen, Gondang Legi, kemudian menuju Bantur dan Pantai Balekambang.

Kordinat Lokasi 

8°24'12.55"S 112°32'0.52"E

1 komentar :

Travel Malang Jember mengatakan...

cukup jauh perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari Malang kota. suasana pantai tidak terlalu ramai, cocok untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari hari. sayang lokasi parkir motor cukup jauh dari pura tengah laut . wisatawan harus berjalan +/- 500 mtr untuk menuju ke lokasi pura. menurut pengelola parkir hal ini dikarenakan pernah terjadi pencurian kendaraan bermotor di area pura. overall , ini adalah salah satu wisata favorit di Malang raya. ��

Posting Komentar