Gua Maria sendang Retno adi

Meresapi kehidupan di pertapaan


Seperti biasa kalau sedang Backpaker maupun Touring saya selalu menyempatkan diri untuk singgah sebentar di beberapa Gua Maria maupun taman doa. intinya yang pasti ada Gua nya dan di gauanya tersebuat ada Patung Bunda Maria yang ditahtakan disitu :). dan pada beberapa waktu yang lalu saya mengadakan perjalanan ke Kota Malang untuk mengunjungi saudara yang ada disitu dan juga berencan untuk mengelilingi kota Malang dan sekitarnya. dan seperti biasa Gua Maria termasuk dalam rencana jalan-jalan saya di Kota Malang ini. seperti yang saya ketahui di kota Malang (keuskupan Malang) ada beberapa Gua Maria yang menjadi tujuan para peziarah untuk berdoa disana. 
Dalam catatan saya dan penyelusuran saya dan hasilk investigasi saya (hehehe) setidaknya ada empat Gua maria yang menjadi rekomendasi para peziarah yang ada dikota Malang dan sekitarnya ini. yaitu Gua Maria Trinitas Tumpang , Gua Maria Sendang Retno Adi, Gua Maria Sedang Purwaningsih dan Gua Maria (Tempat Ziarah Kanak-kanak Yesus dari Praha) Batu.


Gua Maria sendang Retno adi
Yesus disalib di sendang retno adi
Kalau Gua Maria Tumpang sudah pernah saya kupas dan dibahas pada halama sebelumnya, kali ini yang akan dibahas adalah Gua Maria Sendang Retno Adi.yang terletak di dalam kawasan petapaan suster-suter karmel. yang terletak di Ngadireso -Tumpang - Poncokusumo, Malang

Gua Maria sendang Retno adi
Gapura Surga
Setelah berkeliling menyusuri peninggalan bersejarah yang merupakan candi-candi yang terletak di daerah Tmpang Malang ini, saya menyempatkan mengunjugi Gua Maria Sendang Retno Adi. dari kejauhan dan tepatnya di pos security sudah terdengar keriuhan dari dalam pertapaan karmel ini, dan ternyata pada saat itu sedang diadakan retret kaum muda, jadi tidak dapat memasuki pelataran Gua Maria yang terletak di tengah pertapaan.

Gua Maria sendang Retno adi
Jalan Menuju Gua Maria
Gua Maria Sendang Retno Adi ini awalmulanya dan dikenal dulu yang terletak dibagian belakang biara pertapaan, entah mengapa sekarang orang-orang yang berziarah banyak yang mengira bahwa Gua maria yang terletak di dalam (ditengah) pertapaan merupakan Gua Maria yang pertama.


Gua Maria sendang Retno adi
Gua Maria Sndang Retno Adi
Apabila Pertapaan sedang ada tamu atau tidak menerima tamu para peziarah akan diarahkan menuju Gua Maria Sendagn Retno Adi yang pertama, untuk menuju kesana tidak terlalu sulit hanya menysuri jalan diantara pembatas pertapaan dan lapangan bola, sampai anda menemukan sebuah Gapura yang bernama "Gapura Surga"


Gua Maria sendang Retno adi
Suasana di Gua Maria
kalau anda sudah menemukan Gapura ini, berarti anda sudah benar untuk menuju Gua Maria, jalan setapak dan stasi jalan Salib dan bebatuan yang bertuliskan beberapa dari firman kitab suci akan menunutun anda menuju kepelataran doa dan Gua Maria. Patung Bunda Maria ditahtakan di sebuah tebing yang dibagian bawahnya ada kolam, sedangkan pelataran doa nya merupakan tempat duduk yang bersusun bertingkat.


Gua Maria sendang Retno adi
Gua dan Kolam
Di depan Gua Maria terdapat keran air yang berasal dari mata air sendang. air ini biasanya digunakan oleh umat untuk membasuh wajah sebelum berdoa dan tak sedikit pula yang membawanya pulang atau meminumnya langsung.


Gua Maria sendang Retno adi
Jalan menuju Gua
Pemandangan di sekitar lokasi Gua ini masih alami, sepanjang mata memandang hamparan sawah yang menghijau dapat dinikmati dari lokasi Gua Maria ini. Gua Maria ini memiliki kontur yang berbukit-bukit dan memiliki udara yang segar dan sangat nyaman untuk berdoa, meditasi maupun beradorasi. 


Gua Maria sendang Retno adi
Firman Allah

Kordinat Lokasi

8°04'20.4"S 112°46'19.1"E

0 komentar :

Posting Komentar