Jalur Sutra Part.3 : Perjalanan Sehari menyusuri 9 Gua Maria

Setelah beberapa lama vacum dengan Ziarah mengunjungi 9 Gua Maria, akhinya tercapai lagi misi menziarahi 9 Gua Maria. dengan tema Jalur sutra, kami mengunjungi 9 Gua Maria lagi di tempat yang berbeda dengan jalur yang berbeda dan cara yang berbeda. setelah dengan jalur sutra part.1 yang mengitari daerah yogyakarta dan sekitarnya (lihat disini), jalur sutra part.2 yang mengunjungi jalur timur pulau jawa yang meliputi keuskupan Agung Semarang dan keuskupan Surabaya (lihat disini). dan kali ini kami mengangkat perjalanan "jalur sutra part.3" kami, pada perjalanan Ziarah kali ini kami mengunjungi 9 Gua Maria Yang ada di daerah Semarang dan sekitarnya dalam waktu tempuh cuma sehari saja.
Setelah menentukan daerah dan jalur menuju Gua Maria, teman saya sempat tidak percaya ternyata di daerah Semarang Sendiri memiliki bebrapa Gua Maria yang selama ini tidak begitu terdengar di telinga. langsung saja kami memulai perjalanan kami. perjalanan kami mulai pada pukul 09.00 pagi. dan destinasi pertama kami adalah Gua Maria Sartika.

1. Gua Maria Sartika

Gua Maria Sang Ratu Tyasing Kautaman, yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Sang Ratu keutamaan Hati. nama Gua Maria ini sering disingkat menjadi "Sartika" sama seperti nama Lokasi Gua Maria ini yang terletak di jalan Dewi Sartika, Sukorejo Sampangan Semarang. lokasi yang miring dan minimalis di kelola oleh pantia pembangunan menjadi seberdaya mungkin dan keindahan Kota Semarang dapat terlihat dari Gua Maria ini.

Gua Maria Sartika
Setelah berdoa novena tiga kali Salam Maria, perjalanan kami lanjutkan ke bagian Barat kota Semarang letaknya di daerah Ngaliyan, Gua Maria Ngaliyan

2. Gua Maria Ngaliyan

Gua Maria Ngaliyan ini letaknya dekat dengan pasar Ngaliyan dan masih dalam satu komplek dengan Gereja St.Hendrikus dan Panti asuhan Wirakrama Putra yang terletak di bagian belakang. Gua Maria ini memiliki taman yang lumayan luas, dan disekitarnya di tumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga menimbulkan suasana yang sejuk dan teduh, apalagi jarak dari Pelataran Gua ke jalan raya cukup jauh, dan terutama hari biasa suara dan volume kendaraan yang lalu-lalang sedikit dan membuat kita yang berziarah disini terbantu untuk menenangkan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari yang padat dan suasana kota yang ramai.

Gua Maria Ngaliyan
3. Gua Maria Talang Ing Sih

Hari sudah siang saat kami memasuki Gua Maria Talang Ing sih yang terletak di Jalan Tegalsari Gang VIII - IX Semarang, Jawa Tengah. suara dari sekolah yang berada di dalam satu kompleks Lokasi Gua Maria ini terdengar sampai ke pelataran Gua Maria, tetapi suara ini tidak mengurangi kekhusyukan kami berdoa dan bernovena.

Gua Maria Talang Ing Sih

Sebenarnya tujuan selanjutnya adalah Gua Maria kerahiman Illahi yang berada di jalan Tusam Banyumanik, tetapi kami mengurungkan niat menuju ke Gua Maria Tersebut, dikarenakan Gua Maria tersebut sudah sering kami kunjungi dan dekat dari lokasi rumah kami masing-masing, jadi kami melanjutkan perjalanan menuju keluar kota Semarang, tetapi masih dalam Kabupaten Semarang, yaitu Gua Maria Rosa Mystica.

4. Gua Maria Rosa Mystica

Tempat Ziarah Sancta Rosa Mystica yang lebih lengkapnya adalah Tempat Ziarah Sancta Rosa Mystica Mater Divinae Gratiae. Gua Maria ini terletak di Ds. Banyuurip, Ds Jelok, Kec. Tuntang, Kab. Semarang. desa Banyu urip yang diartikan dalam bahasa Indonesia berarti air kehidupan dan untuk mengakses lokasi ini cukup sulit karena lokasi Gua Maria ini ada di daerah terpencil dan jauh dari pusat kota. Ada sebuah Sendang di Lokasi Gua Maria ini yang di percaya oleh masyarakat sekitar dapat menyembuhkan, dan Konon ada sebuah legenda tentang sumber air ini.

Sumber Banyu urip
Lokasi Gua Maria ini layaknya sebuah bukit, para peziarah harus menaiki tangga demi tangga untuk menuju lokasi tempat doa di Gua Maria ini.

Gua Maria Rosa Mystica
Perjalanan selanjutnya menuju Gua Maria yang paling jauh dari daerah Semarang yaitu ke daerah Boyolali, dan Gua Maria yang akan kami datangi adalah Gua Maria Mawar

5. Gua Maria Mawar

Gua Maria ini terletak di Dusun Tlangu, Sambisari, kecamatan Musuk, Boyolali. di sekeliling Gua Maria ini banyak ditumbuhi pohon Mawar karena warga sekitar berusaha perkebunan mawar, mungkin ini awal disebut Gua Maria Mawar.

Gua Maria Mawar
Meski jalan menuju ke lokasi ini harus berjalan kaki dan belum banyaknya petunjuk jalan menuju Gua Maria ini, tetapi Gua Maria ini sudah mulai dibangun pada tahun 1965.

6. Gua Maria di pertapaan Gedono

Rencana perjalanan kami semula tidak menuju pertapaan Gedono ini, tetapi ke Gua Maria Kerahiman Illahi, tetapi untuk mempermudah dan menggenapkan menjadi sembilan Gua Maria, kami memasukkan Gua Maria pertapaan Gedono menjadi destinasi Selanjutnya.

Pertapaan Gedono
Gua Maria di pertapaan ini tidak seperti Gua Maria yang lainnya memiliki Gua, tetapi Patung Bunda Maria yang bersemayam di tengah Taman di komplek pertapaan Gedono ini. mumpung hari sudah sore di pertapaan Gedono ini, dan sebentar lagi akan diadakan ibadat sore di kapel, maka kami mengikuti ibadat sore dulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju Gua Maria selanjutnya.

Kapel di Gedono
7. Gua Maria Pereng

Menyusuri jalan di daerah Getasan dengan penerangan lampu jalan yang minim, akhirnya kami sampai juga di Gua Maria Pereng Salatiga. hawa yang begitu sejuk dan semilir angin malam menyentuh kulit kami yang sedang berdoa dan berdevosi. tidak banyak pengunjung yang hadir pada saat itu.

Gua Maria Pereng
Suasana sepi dan jauh dari keramaian mengajak kami jauh lebih dalam dalam meditasi dan menenangkan fikiran sejenak, melepaskan lelah dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari, sebelum kami melanjutkan perjalanan kami menuju Gua Maria yang selanjutnya.

8. Gua Maria Kerep

Gua Maria Asumpta Kerep ambarawa adalah destinasi wisata rohani kami selanjutnya, Gua Maria yang sudah dikenal dan banyak di kunjungi orang banyak ini menjadi tempat doa dan devosi kami. begitu banyak peziarah yang datang ke lokasi Gua Maria ini terutama ke patung Bunda Maria terbesar di Indonesia ini, banyak para "wisatawan" yang berfoto disana.

Patung Bunda Maria Asumpta
9. Gua Maria Kendalisodo

Terakhir tujuan kami adalah menuju Taman doa dan Semedi Kendalisodo, lokasi Gua Maria ini terletak di  Glodogan, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. sama dengan Gua Maria Rosa Mystica, Gua Maria Mawar, Gua Maria Kendalisodo ini juga memiliki kontur yang berbukit-bukit, dibutuhkan kekuatan ekstra dalam menapaki tangga demi tangga hingga sampai kepelataran doa di depan Gua Maria Kendalisodo.

Gua Maria Kendalisodo
Jam sudah menunjukkan pukul 20.00 wib, akhirnya kami berhasil berziarah ke 9 gua tanpa ada halangan dan rintangan, berhasil berdoa novena dan berdevosi disana, semoga Tuhan dan Bunda Maria berkenan menerima segala persembahan maupun perjuangan kami menyusuri 9 Gua Maria dan mendengarkan doa dan keluh kesah kami. -Amin-

Salam Maria penuh rahmat Tuhan beserta-MU, terpujilah Engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuh-Mu Yesus....
Santa Maria Bunda Allah, Doakanlah kami orang yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati, Amin.