Pantai Mustika Pancer

Menikmati matahari terbit di pantai Mustika



Biasanya apabila hendak menikmati matahari terbit, para wisatawan akan mengalihkan arah tujuan wisata mereka ke puncak gunung atau bukit untuk menikmati sang surya yang perlahan-lahan memunculkan berkas sinar nya. tapi ada juga beberapa pantai yang menjadi tujuan para wisatawan untuk menikmati matahri terbit. dan di Banyuwangi ada beberpa pantai yang memberikan potensi matahari terbit seperti Pantai Mustika. Pantai Mustika Pancer adalah salah satu tempat wisata pantai yang berada Dusun Pancer di desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi provinsi Jawa Timur Indonesia Pantai Mustika terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran yang tak jauh dari pantai Pulau merah.

Keistimewaan dari Pantai mustika selain matahari terbitnya adalah pantainya masih bersih dan alami, selain itu panjang pantai hampir mencapai 2 KM membentuk setengah lingkaran dan ditengah tengahnya ada pulau mustika yang luasnya sekitar 3 hektar dan berjarak 4 mil dari pantai mustika. Pulau ini memiliki sejuta keindahan yang menawan. Dinding tebing yang cukup tinggi menandakan bahwa pulau tersebut tidak dihuni oleh manusia. Pulau ini hanya dihuni oleh kera dan fauna lain yang tinggal disana. Perairan di pulau tersebut sangat jernih hingga biota laut dan terumbu karang bisa dilihat dengan mata telanjang. pantai ini diapit oleh Pantai Pulau Merah dan Pantai Pancer yang merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan tradisional dan tempat penjualan ikan segar.


Pantai Mustika
papan pantai Mustika

pantai mustika pancer cukup nyaman untuk bersantai bersama keluarga ,karena memiliki ombak yang cukup aman untuk anak- anak yang ingin bermain di tepi pantai , maupun untuk berenang , selain hamparan pasir yang putih dan bersih , kontur pantai yang landai membentuh setengah lingkaran , juga sangat baik di jadikan lokasi olahraga , kawasan di sekitarnya cukup rindang dengan ratusan pohon kelapa , seakan menjadi kanopi alami di pantai mustika . kesejukan pantai bisa di rasakan ketika memasuki kawasan tersebut. Beberapa meja dan kursi sudah tertata rapi di sana , meja tersebut berderet di sepanjang garis pantai dan cukup nyaman di jadikan tempat bersantai sambil menikmati indahnya sunrise atau matahari terbit.

Pantai Mustika
Berbatasan dengan pelabuhan Pancer

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari dan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Pantai Mustika Pancer ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di dekat atau berada di luar kota.



Pantai Mustika
Pulau Mustika

Pantai Mustika


Menurut Sejarah asal-usul nama pantai Mustika Pancer ini masih ada kaitan nya dengan Nyi Roro Kidul yang berawal saat Ratu Kidul pernah datang ke pantai ini. Sewaktu pulang, mustikanya tertinggal dan ada seseorang yang menemukannya. Karena orang tersebut tahu bahwa mustika itu milik Ratu Kidul, ia membuangnya ke laut dengan harapan dapat kembali kepada pemilikinya.



Pantai Mustika
Garis Pantai yang panjang
Untuk mencapai ke pantai cantik ini, dari Pantai Pulau Merah bisa dengan berjalan kaki sekitar 3-4 km mengikuti ke arah barat, atau sebelum memasuki pintu masuk Pantai Pulau Merah terdapat jalan desa ke kanan. Ikuti saja jalan tersebut, nantinya akan sampai di Pantai Mustika.

Pantai Mustika
Deburan Ombak

Kordinat Lokasi

8°35'24.6"S 114°00'04.4"E

Scan QR Barcode kordinat ini melalui hp anda

0 komentar :

Posting Komentar