Gua Maria Pengantara Segala Rahmat

Sabda kawiyos ambuka batos


Kata-kata jawa yang menjadi judul halaman ini Gua Maria ini terdapat tepat pada kaki patung Bunda Maria. Nama Jawa yang melekat pada Gua Maria ini jika diartikan kata per kata adalah sebagai berikut Sabda = Sabda, Kawiyos = Terucapkan, Ambuka = Membuka, sedangkan Batos = Batin, dan apabila dari semua arti tersebut jika dirangkai dalm satu kalimat akan bermakna “Sabda yang telah diucapkan oleh Yesus benar–benar sudah membuka batin setiap umatNYA”. Gua Maria Bunda Pengatara Segala Rahmat adalah salah satu Gua Maria tempat destinasi Wisata rohani yang terdapat dalam lingkup keuskupan Malang. Gua Maria ini terletak di Jl. Ridwan No.16, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Gua Maria ini diberkati pada tanggal 24 Mei 1994 oleh Romo P.J Vollering, O.Carm. Semenjak dibangun dan sampai saat ini umat mulai memanfaatkan Gua Maria yang terletak di sebelah ujung utara Gereja ini. Bukan hanya umat Paroki Batu tetapi sudah mulai didatangi umat dari luar kota  untuk berdoa maupun berdevosi.
Gua Maria ini masih dalam satu kompleks gereja Katolik Paroki Gembala Baik Kota Batu. dan selain dalam satu kompleks gereja ada satu lagi tempat ziarah yang dapat dikunjungi di paroki ini yaitu tempat ziarah kanak-kanak Yesus dari Praha yang merupakan replika dari Praha yang dikirim dari praha langsung dan terbatas. inilah yang menjadikan tempat ini semakin ramai dikunjungi oleh para peziarah. 

Gua Maria Pengantara Segala Rahmat
Gua Maria Pengantara Segala Rahmat

Sejarah

Tepatnya pada tahun 1994, dimana sebuah bangunan gereja megah dan kokoh berdiri di tengah-tengah kebun jagung saat itu. Gereja Paroki Gembala Baik ini adalah perluasan dari gereja lama yang sudah tidak menampung jumlah umat Paroki Batu, ternyata pembangunan gereja tidak disertai pembangunan sebuah Gua Maria. Dengan berjalannya waktu dan seiring dengan perkembangan iman dan juga kebutuhan akan Devosi kepada Bunda Maria menjadi perhatian beberapa tokoh umat pada saat itu.

Gua Maria Pengantara Segala Rahmat
Diberkati tanggal 29 Mei 1994
Maka ditahun yang sama Romo Vollering, O.Carm memanggil Bapak Hariyanto S.A. dan Bapak Sinto Sudarto untuk menuangkan ide Romo Vollering, O.Carm untuk membangun sebuah Gua Maria. Dari situ tim yang beranggotakan 2 orang bapak-bapak, bekerjasama dengan seniman lokal dan akhirnya jadilah Gua Maria. Pada tanggal 4 Januari 2012 usaha penggalangan dana untuk pembuatan kanopi di Gua Maria telah ditutup, karena telah membuahkan hasil dan mencukupi, bahkan melebihi dari apa yang telah dianggarkan. Sisa dana itu kemudian digunakan untuk mengganti toilet umat yang juga sudah lama dan perlu untuk direnovasi. Pada akhir Februari 2012 dimulailah pembangunan kanopi di depan Gua Maria.

Gua Maria Pengantara Segala Rahmat
Bunda Maria

Keadaan Gua Maria

Gua Maria yang tidak jauh dari alun-alun kota batu, malang ini berada di tengah-tengah pemukiman warga. hawa sejuk khas kota Batu mengantarkan para umat yang berziarah di pelataran doa ini. suasana hening san sunyi membangkitkan ke khusyukan ke umat yang berdoa dan berdevosi. Kursi yang tertata rapi dan pelataran doa yang bersih menjadikan tempat ini menjadi nyaman. dan seluruh pelataran doa Gua Maria ini sudah tertutup oleh kanopi sehingga para peziarah tidak perlu khawatir akan sengatan matahari pada siang hari maupun terkena hujan. setiap Malam Jumat Legi diadakan Misa Tirakatan Malam Jumat Legi di depan Gua Maria.

Gua Maria Pengantara Segala Rahmat
Pelataran Doa

Akses Lokasi

Gua Maria yang berada di Kota Batu, Malang ini dekat dengan alun-alun kota Batu, bagi anda yang hendak berziarah dari kota Malang, ambil jalan menuju kota Malang sampai ke alun-alun kota Batu, setelah di alun-alun ambil jalan menuju jalan Gajah Mada kemudian teruskan menuju jalan Panglima Sudirman, tidak begitu jauh dari perempatan di jalan panglima Sudirman ambil arah ke jalan Kasiman di kiri jalan, tidak jauh ambil kanan menuju jalan Ridwan, lokasi Gua Maria berada di kanan jalan.

Gua Maria Pengantara Segala Rahmat
Sabda Kawiyos Ambuka Batos

Kordinat Lokasi

7°52'10.8"S 112°31'02.6"E

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Limpah Terima kasih untuk informasi nya. Semoga doa2 yang dipanjatkan para penziarah dikabulkan Tuhan. Terima Kasih Bunda Maria dan Tuhan Yesus.

Posting Komentar