Pantai Boom

Menikmati golden sunrise berlatar belakang pulau Bali


Pantai Boom adalah sebuah pantai yang terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan. Pantai Boom merupakan salah satu pusat wisata pantai yang paling mudah untuk ditemui di Daerah Banyuwangi. Karena letak pantai ini berada tidak jauh dari pusat Kabupaten Banyuwangi sehingga biasanya para wisatawan mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai ini menjadi salah satu tujuan untuk berkumpul bagi kawula muda di Banyuwangi. Selain itu, biasanya pada Minggu pagi pantai ini ramai dikunjungi oleh warga Banyuwangi.Lokasi objek wisata di Banyuwangi ini terbilang cukup strategis. Sejak jaman dahulu, pantai ini telah dimanfaatkan sebagai salah satu pusat perdagangan dan transportasi di daerah Banyuwangi. Dahulunya pantai ini merupakan Pelabuhan penting. Kapal-kapal yang membawa berbagai angkutan dan kapal-kapal nelayan. Hal ini dibuktikan dengan dermaga-dermaga pelabuhan, gudang-gudang bekas dan sebuah tempat pelelangan ikan yang sudah tidak dipakai. Di dermaga ini penduduk biasanya melakukan aktifitas memancing. Di sisi selatan pantai terdapat Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut yang menjadi tempat peristirahatan bagi pasukan ALRI yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di sekitar Banyuwangi.



Fasilitas dan Akomodasi
Di Pantai Boom, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang terbilang cukup menarik. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan yaitu olah raga pantai seperti jet ski, paralayang, paramotor, dan juga kegiatan berkuda. Disepanjang bibir pantai sekitar 20 buah kursi pantai dengan payung warna-warni disewakan dengan harga Rp 20 ribu per kursi bagi mereka yang ingin menikmati hangatnya sinar matahari sembari memandang Pulau Bali dari kejauhan. Sebuah food court yang masih dalam bentuk sederhana dengan gubuk-gubuk bambu pun ada untuk sekadar menyeruput kopi dan kelapa muda.

Pantai Boom
Menikmati Keindahan pulau bali dari pantai Boom
Untuk Anda yang suka menunggangi sepeda motor trail, di pantai ini Anda dapat melakukan kegiatan bersepeda motor di pantai ini. Anda bisa membawa sepeda motor milik Anda sendiri ataupun menyewa dari para pengelola pantai yang menyediakan jasa penyewaan sepeda motor. Kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik yang dapat dilakukan di pantai ini adalah kegiatan berkuda. Ada banyak pemilik kuda dari lingkungan sekitar yang menyewakan kuda mereka untuk para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Untuk kegiatan berkuda, biasanya pemilik kuda akan mendampingi para wisatawan dengan cara menuntun kuda berkeliling pantai ini.
Pantai Boom
Bibir Pantai Boom
Selain berbagai kegiatan di atas, di waktu-waktu tertentu, Pantai Boom memiliki sebuah teater terbuka yang sering kali dimanfaatkan sebagai tempat digelarnya berbagai macam kegiatan seni budaya. Beberapa kegiatan event yang sudah dilaksanakan di tempat ini yaitu event Parade Gandrung Sewu dan Event Banyuwangi Jazz Festival. Jika Anda beruntung, Anda bisa saja menikmati berbagai macam sajian dari event-event ini.
Pantai Boom
Menikmati Sunrise di Pantai Boom

Akses Menuju Lokasi

Pantai Boom terletak di bagian timur kota Banyuwangi. Dari Simpang Lima, masuk ke Jalan dr. Sutomo hingga Taman Blambangan. Dari traffic light Taman Blambangan menuju arah utara hingga bundaran PLN, lalu belok kanan masuk Jalan Nusantara. Semua kendaraan bisa masuk ke Pantai Boom. Dan rambu-rambu menuju kesana dapat ditemui dengan mudah.
Kordinat Lokasi 

8°12'27.2"S 114°23'05.7"E

0 komentar :

Posting Komentar