Pantai Bama

Mengunjungi Pantai Bama di dalam Kawasan Taman Nasional Baluran


Selain menyusuri keindahan dari taman Nasional Baluran (lihat disini). apabila anda menuju lebih ke timur lagi, adan akan menemui sebuah pantai eksotis. pantai ini disebut pantai Bama. Pantai Bama secara administrasi masuk didalam wilayah Kabupaten Situbondo. dari Pintu masuk Taman Nasional Baluran yang berada di Jalan Banyuwangi – Situbondo sekitar 8 km. dan dalam perjalanan anad akan menikamti jalanan khas memasuki taman nasional yang berbatu-batu dan berguncang-guncang, dan akan melewati padang savana. 

Tiba di lokasi pantai Bama, para pengunjung akan disambut dengan kawanan kera yang berekor panjang. Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur. tapi harap berhati-hati dengan barang bawaan anda, karena kera di sekitar pantai ini agak liar, dan jangan sekali-sekali memberi kera ini makanan.

Pantai Bama
Pantai Bama
Jarak dari tempat parkir menuju pantai tidak begitu jauh, biasanya pantai ini menjadi spot wisata matahari terbit atau sunrise, dengan berlatar belakang dengan pulau bali dan lebih tepatnya lagi pantai Taman Nasional Bali Barat. Pantai Bama dikelilingi oleh tumbuhan mangrove.  terutama apabila pengunjung Berjalan ke arah barat Pantai Bama menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang (akan dibahas pada halaman selanjutnya). Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Pantai Bama
Pasir Pantai Bama
Pantai Bama sekarang bukan hanya dapat dinikmati saat matahari terbit, tetapi saat juga matahari tenggelam, melihat siluet dari hasil pantulan air laut pantai Bama yang tenang, menghasilkan suatu objek yang bagus. Banyak para pengunjung bermain air di pantai yang berpasir putih di bagian Timur laut maupun bagian utara dibagian Pantai Bama. Para wisatwan banyak berfoto di tumpukan bebatuan besar dan di pohon yang rindang di sepanjang pantai Bama ini. 

Pantai Bama
Batuan besar


Akomodasi

Pantai Bama cukup bersih dan dikelilingi oleh hutan mangrove yang asri, terumbu karang untuk kegiatan snorkeling dan terdapat beberapa pantai guest house untuk menginap. Terdapat juga jalan setapak untuk mengelilingi pantai dan padang sekitar konservasi. Di tempat konservasi, terdapat Tower pemantauan satwa, untuk memantau setiap kegiatan satwa atau untuk memantau segala hal yang mungkin terjadi.

Pantai Bama
Pepohonan di pantai Bama

Kordinat Lokasi :

7°50'36.3"S 114°27'43.4"E


0 komentar :

Posting Komentar