Candi Plaosan kidul

Candi Plaosan Kidul, Sisa-sisa reruntuhan perwara


Candi Plaosan Kidul terletak di dusun Plaosan, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.Lokasi Candi Plaosan Kidul berada di sebelah selatan Candi Plaosan Lor terpisah oleh jalan raya dan berjarak sekitar 50-100 meter. Keduanya dibatasi oleh jalan pedesaan, area persawahan, dan lapangan sepakbola perkampungan warga. Untuk menuju ke candi ini dapat dilakukan berjalan kaki dari area parkir Candi Plaosan (Candi Plaosan Lor). Bila di kompleks Plaosan Lor kedua candi utamanya masih berdiri dengan megah, di kompleks Candi Plaosan Kidul candi utamanya sudah tinggal reruntuhan. Yang masih berdiri hanyalah beberapa candi perwara.Kompleks Candi Plaosan Kidul dikelilingi oleh pagar besi dengan pintu masuk yang menghadap ke arah barat dan disampingnya terdapat papan nama situs candi. Pengamanannya terkesan tidak seketat Candi Plaosan Lor meskipun area candi cukup luas. Suasana terasa sepi ketika memasuki kawasan candi ini dan berbanding terbalik dengan Candi Plaosan Lor yang sering ramai dikunjungi wisatawan.

Candi Plaosan Kidul merupakan bagian dari situs purbakala Candi Plaosan yang berada di kabupaten Klaten. Keberadaan situs candi ini sering terlewatkan ketika berkunjung ke Candi Plaosan Lor yang dikenal dengan Candi Plaosan saja. Padahal, letak diantara keduanya cukup dekat dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Beberapa informasi menyebutkan bahwa Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul sebenarnya merupakan satu kesatuan, hanya saja belum dilakukan ekskavasi lebih lanjut disekitar kawasan tersebut.

Candi Plaosan kidul
Candi Plaosan Kidul
Candi Plaosan Kidul sebagian besar merupakan reruntuhan candi-candi kecil yang biasa disebut candi perwara. Beberapa candi perwara yang ada telah direstorasi dan telah berdiri utuh. Sedangkan sisanya masih dibiarkan menumpuk dan tersebar disekitar kawasan candi. Belum diketahui berapa tepatnya jumlah candi perwara di kawasan Candi Plaosan Kidul. Selain itu belum ada penelitian lebih lanjut apakah Candi Plaosan Kidul memiliki bangunan candi induk seperti Candi Plaosan Lor.

Candi Plaosan kidul
Candi Perwara
Candi Plaosan Kidul juga memiliki pendopo di bagian tengah yang dikelilingi 8 candi kecil yang terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi. Ada pula gambaran Tathagata Amitbha, Vajrapani dengan atribut vajra pada utpala serta Prajnaparamita yang dianggap sebagai "ibu dari semua Buddha". Menurut para ahli sejarah dan arkeolog, bahwa Candi Plaosan Kidul ini diduga dibangun pada abad ke 9 (842 M) atau tahun 764 Saka. Candi ini bercorakkan Agama Buddha, tapi di beberapa bagian masih ada inkuluturasi Agama Hindu yang tamak seperti Arca Dwarapala dan Kalamakara pada atas pintu masuk Candi. 

Candi Plaosan kidul
Hiasan kalamakara pada candi plaosan kidul
Candi yang diduga dilakukan pada jaman kerajaan Mataram Hindu. pada masa pemerintahan  Raja Rakai pikatan dan Sri Kahulunan. Candi yang bercorak Buddha ini dibuat untuk sang istri tercinta yang beragama Buddha. awal mula reruntuhan Candi Plaosan Kidul ini ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda yang bernama Ijerman, yang melakukan penelitian pada bulan Agustus Tahun 1909. pada awalnya ditemukan 16 candi kecil yang berada didalam tanah dan dengan keadaan rusak.


Candi Plaosan kidul
Candi Plaosan Kidul dan reruntuhan nya
Relief-relief dari banguna Candi Perwara di Plaosan kidul ini tidak jauh beda bila dibandingkan denga Candi Plaosan Lor. Ciri-ciri yang paling sering ditemui adalah stupa-stupa kecil khas dari candi-candi Buddha pada pemuncak candi. hiasan kalamakara pada relung arca dan pantai masuk candi.

Candi Plaosan kidul
Relung di Candi perwara
Meskipun memiliki nama depan Candi Plaosan, tapi dari segi ketenaran Candi Plaosan Kidul masih kalah mentereng dari Candi Plaosan Lor. kemungkinannya adalah dari Candi plaosan Kidul ini yang tersisa hanya Candi Perwara, dan masih banyak puing-puing yang belum berhasil di restorasi. sesangkan Candi Plaosan Lor memiliki daya tarik yaitu berupa Candi induk Kembar dan memiliki daya tarik kisah cerita romantisme didalamnya. Wisatawan yang datang ke Candi Plaosan Kidul ini ini didominasi oleh wisatawan asing, namun hanya sekedar penasaran, berfoto dan kemudian meninggalkan loasi dalma waktu yang singkat. 


Candi Plaosan kidul
Plaosan Kidul dan stupa pemuncak

Kordinat Lokasi

Hampir sama dengan menuju Lokasi Candi Plaosan Lor, untuk menuju Plaosan Kidul dapat dilihat dari halaman sebelumnya pada Candi Plaosan Lor (Disini).


7°44'32.8"S 110°30'19.8"E

1 komentar :

Unknown mengatakan...

candinya keren ,cocok buat kaum instragramable maupun untuk foto prewedd Rental mobil jogja

Posting Komentar