Pantai Batu Banyuwangi

Pantai Batu, Pantai Unik dalam perjalanan menuju ke Teluk Hijau



Banyuwangi termasuk salah satu surganya pantai di Indonesia, banyak destinasi pantai yang unik dan ciri khas yang masing-masing pantai berbeda dari yang lainnya. banyak Pantai di Banywangi menyuguhkan pemandangan Eksotis, garis pantai yang Panjang, Pasir berwarna Putih maupun yang berwarna hitam. dan yang lebih menarik dari objek Wisata Pantai di Banyuwangi adalah Pantai berbatu, seperti Pantai Batu banyuwangi pantai ini dinamakan batu karena pesisir pantainya bukan ditutupi pasir putih nan lembut, melainkan hampir seluruhnya ditutupi oleh bebatuan yang bersih. Susunan bebatuan di Pantai Batu ini seperti sudah ditata secara rapi. Padahal, bebatuan tersebut tersusun secara alami.
Pantai Batu berada di desa Sarongan kec. Pasanggaran kab. Banyuwangi dan masih masuk kawasan Wisata Taman Nasional Meru Betiri. Lokasinya sendiri tepat sebelum pantai teluk hijau. Untuk menuju kesini dari kota Banyuwangi ikuti petunjuk ke Rogojampi - Jajag - Pesanggaran - Sarongan - Sukamade. untuk menuju Pantai Batu ini tidaklah mudah dibutuhkan tenaga ekstra menuju Pantai ini, karena para pengunjung harus melewati jalan setapak di tengah Hutan Meru Betiri dan menaiki dan menuruni lembah dan menyebrangi kali yang tidak dalam dan akhirnya sampai di objek lokasi ini.

Pantai Batu Banyuwangi
Pantai Batu
Menurut penuturan warga, Pantai Batu ini awalnya merupakan Pantai yang berpasir putih seperti yang berada di Pantai Sasrongan, pantai Green bay dll. tetapi setelah Pantai Batu ini sempat diterjang ombak besar pada saat tsunami sekitar tahun 1994 pasir di Pantai Batu ini secara alami tertutupi bebatuan yang menambah keunikan Pantai Batu. Hingga saat ini pantai ini dinamakan oleh warga dengan nama Pantai Batu.


Pantai Batu Banyuwangi
Butuh perjuangan menuju sini
Pantai Batu ini apabila diterjang oleh ombak akan mengeluarkan suara-suara yg lembut dikarenakan gesekan antara batu dan juga batu dengan air yang menghasilkan suara yang unik. dan warga sekitar menganjurkan jangan sampai para pengunjung membawa batu yang ada di Pantai batu ini dibawa pulang, karena diyakini akan mengalami kejadian yang tidak mengenakkan bagi orang yang membawa batu ke rumah.


Pantai Batu Banyuwangi
Bibir pantai yang terdiri dari batuan

Akses Lokasi

Pengunjung yang dari Banyuwangi ikuti petunjuk jalan menuju Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Sampai saat ini belum ada transportasi umum langsung dari Banyuwangi menuju Pantai Batu. Namun, Anda bisa menyewa kendaraan jenis double Gardan menuju Rajegwesi.

Pantai Batu Banyuwangi
Suara alunan dari batuan yang bergesekan
Jika menggunakan kendaraan sendiri, disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan yang lebih tinggi asal bukan sedan. Karena medan jalan dari perkebunan PTPN XII akan berubah menjadi medan jalan off-road.

Pantai Batu Banyuwangi
Pantai yang asri
Setelah dari pemukiman penduduk Rajegwesi perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju Teluk Hijau. Meskipun juga tersedia ojek motor atau melalui jalur laut dengan menyewa perahu. dititik terakhir menuju Pantai Batu maupun ke Pantai Teluk Hijau akan dilanjutkan dengan Perjalanan trekking. perjalanan ini memang tidak mudah, karena medan jalan akan melewati tebing dan lembah yang dijamin membuat anda akan berkeringat. Pastikan kalian menggunakan alas kaki yang nyaman karena anda  akan melewati beberapa muara sungai.

Pantai Batu Banyuwangi
Deburan ombak yang menabrak batuan
Sebaiknya kalian membawa bekal makanan dan minuman sendiri dikarenakan tidak ada warung penjual makanan dan minuman disekitar Pantai Batu. dan perlu diingat, sampahnya tolong dibawa kembali, jangan kotori Pantai Perawan ini dengan sampah anda. 


Kordinat Lokasi

8°33'41.5"S 113°55'28.5"E


0 komentar :

Posting Komentar