Pantai Cembirit


Pantai Cembirit, menikmati pantai dan Rafting bersamaan


Pantai Cembirit atau juga yang sering disebut sebagai Pantai Regent merupakan Pantai di daerah Kabupaten Malang bagian selatan yang memiliki garis pantai yang panjang dan memiliki pasir yang putih dan halus. Pantai ini tidak begitu jauh dengan Pantai Jembatan panjang dan persis di sebelah Pantai Balekambang. Pantai Cembirit atau Pantai Regent ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai Regent/pantai Cembirit memiliki Pemandangan tak kalah menarik dengan Balekambang. Regent merupakan pantai yang memiliki danau yang indah di himpit oleh gunung karang, pepohonan yang rindang dan pemandangan laut lepas menjadi tujuan bersinggah kaum muda-mudi maupun keluarga untuk bertamasya disini.
Pantai Cembirit
Pantai Cembirit

Penamaan Pantai Cembirit ini dikarenakan di berbagai titik di pantai ini banyak ditumbuhi pohon Cembirit, sehingga penduduk lokal menyebutnya sebagai Pantai Cembirit. Tiket masuk ke pantai ini sudah disatukan dengan Pantai Balekambang. fasilitas-fasilitas pendukung seperti parkir yang luas, toilet dan pendopo sudah tersedia. Meskipun Fasilitas pendukung banyak dan lengkap, pengunjung pantai Regent atau Cembirit ini tidak begitu banyak seperti pengunjung Pantai Balekambang, itu dapat dilihat dari beberapa pendopo di pinggir patai yang kosong melompong. dan situasi ini banyak digunakan para photografer untuk mengambil foto maupun tempat Preweeding.


Pantai Cembirit
Hamparan pasir di pantai cembirit


Untuk menuju lokasi Pantai Regent atau Pantai Cembirit pengunjung harus berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan-nya, terutama dalam mengemudikan roda dua. karena tanahnya berupa pasir pantai yang gembur, dimana kalau pasir ini menjadi kering akan membuat ban motor menjadi licin ketika melewatinya. Pantai Regent ini memiliki kelebihan, selain sepi dari pengunjung di sudut pantai bagian timur terdapat genangan air ditengah pasir didalam kawasan pasir pantai. Genangan ini merupakan sebuah kolam atau aliran sungai yang dinamakan "Kondang Buntung". dalam bahasa Jawa khususnya Malang, Kondang berarti muara sungai yang menggenang seperti telaga atau kolam.

Pantai Cembirit
Muara sungai

Kondang Buntung ini merupakan perpaduan muara sungai dan hutan mangrove, salahsatu usaha mengembangkan dan mengelola Kondang Buntung ini, pihak Perhutani membuat suatu permainan adventure yang berjenis rafting. Ocean rafting Kondang Buntung dikategorikan sebagai olahraga rekreasi dan petualangan. karena tidak hanya mengandung unsur olahraga, tetapi juga petualangan dengan berbagai resikonya.


Pantai Cembirit
Kondang Buntung
Pada sisi timur pantai Cembirit terdapat tebing yang hijau, biasanya pada tebing ini digunakan oleh warga sekitar untuk memancing ikan. dan banyak juga wisatawan berjalan menyusuri tebing ini untuk "menyebrang" menuju pantai yang lainnya di bagian timur, seperti pantai Watu uglik, pantai krambilan, pantai pesanggrahan. para wisatwan akan berjalan menyusuri jalan setapak dan hiking menyusuri garis pantai dan tebing pantai untuk menghemat waktu dan menambah pengalaman adventure selama mengunjungi pantai selatan Malang.


Pantai Cembirit
Tebing di pantai Regent

Pantai Cembirit
Biru sepanjang mata memandang

Akses Lokasi

Perjalanan ke pantai Cembirit atau Regent dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. dan bahkan juga dapat digunakan oleh bis apabila anda membawa rombongan. ada dua akses yang dapat anda pilih dan lalui, yaitu akses pertama apabila anda melalui Kota Malang melewati Kepanjen, kemudian menuju Pagak, Bantur dan Akhirnya Pantai Balekambang. sedangkan untuk Akses yang kedua adalah kalau anda melewati terminal Arjosari kemudian ke Turen, Gondang Legi, kemudian menuju Bantur dan Pantai Balekambang, Pantai balekambang di kanan, sedangkan pantai Cembirit berada di sisi kiri. Secara garis besar anda akan melewati : dari Malang, Bululawang, Krebet, Gondanglegi, Bantur, Balekambang.


Pantai Cembirit
Pantai Regent

Kordinat Lokasi

8°24'12.2"S 112°32'41.0"E


0 komentar :

Posting Komentar